Sunday, February 15, 2015

Oli Fastron Sudah Dipakai di 6 Negara

Oli Fastron Sudah Dipakai di 6 NegaraHelsinki - PT Pertamina Lubricants ternyata sudah mulai melakukan ekspor oli dengan merek Fastron ke setidaknya 6 negara. Negara tujuan ekspor itu di antaranya Jepang, Australia, Thailand, Malaysia, Afrika Selatan dan Italia.

Passenger Car Manager Retail Marekting PT Pertamina Lubricants Eko Ricky Susanto menuturkan, untuk oli khusus mobil dan motor, Pertamina Lubricants hanya mengkespor ke 6 negara tersebut. Alasannya, di 6 negara tersebut kompetitornya cukup kuat sehingga Pertamina ingin mendobrak pasar tersebut.

"Persaingan di negara-negara tersebut cukup ketat. Dengan kualitas yang kita miliki maka kita menyasar ke 6 negara tersebut untuk oli motor dan mobil," tutur Eko kepada reporter detikOto, Aditya Maulana, di Helsinki, Finlandia.

Selain oli untuk mobil dan motor, Pertamina Lubricants juga mengekspor oli untuk industri lainnya seperti powerplant untuk kapal dan lain sebagainya. Dengan demikian, negara tujan ekspor yang dituju Pertamina Lubricants menjadi 22 negara.

"Kita ekspor mulai tahun 2009 akhir dan sekarang sudah mencapai 22 negara. Tapi yang paling banyak itu ada di Australia, Thailand, Malaysia, Jepang, Singapura, Yaman dan negara-negara Uni Emirat," bebernya.

Menurutnya, pasar oli di Thailand untuk Fastron jumlahnya hampir sama dengan di Indonesia yang setahunnya mencapai 700-800 juta per liter.





(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment