Thursday, February 19, 2015

KIA: Rio di Indonesia Aman

KIA: Rio di Indonesia AmanJakarta - Baru-baru ini, Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (IIHS) menilai, KIA Rio menjadi mobil dengan angka kematian tertinggi. Hasil tersebut dilakukan berdasarkan survey IIHS yang melibatkan 1 juta mobil sebagai responden.

Hasilnya, dari 1 juta mobil, KIA Rio terdaftar memiliki angka kematian tertinggi. Hatchback dari pabrikan asal Korea tersebut memiliki angka 149 kematian dari 1 juta mobil.

Meski begitu, PT KIA Mobil Indonesia sebagai agen pemegang merek KIA Indonesia meyakini, Kia Rio saat ini aman. Namun, Direktur Marketing PT KMI Hartanto Sukmono mengaku belum tahu pasti berapa bintang penilaian keamanan KIA Rio.

"Standar keamanan KIA Rio tinggi sekali," kata Hartanto usai acara Media Gathering Awal Tahun PT KMI di Publico Bistro & Bar, Jakarta.

Hartanto mencontohkan, pekan lalu terjadi kecelakaan di Tol Cipularang yang melibatkan Kia Rio. Namun, pengemudi maupun penumpangnya dalam keadaan selamat.

"Beberapa hari lalu, minggu lalu tepatnya KIA Rio tabrakan di Cipularang. Bagian depannya hancur, tapi penumpang maupun pengemudinya selamat. Airbagnya jalan. Setirnya kebawah," beber Hartanto.

KIA Rio yang terlibat kecelakaan itu adalah model tahun 2010. Memang, kata Hartanto, standar mobil KIA Rio di seluruh dunia sama karena model tersebut merupakan model global. Tapi menurutnya, yang dinilai oleh IIHS memiliki tingkat kematian tertinggi adalah Kia Rio model lama.

"Sama semua standar keamanan di seluruh dunia. Itu saya katakan itu (yang dinilai IIHS) model Kia Rio tahun lama. Itu model lama," akunya.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment