Saturday, March 7, 2015

Bangun Pabrik Baru, Akankah Pajero Anyar Diproduksi di Indonesia?

Bangun Pabrik Baru, Akankah Pajero Anyar Diproduksi di Indonesia?Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memastikan All New Pajero Sport bakal hadir pada awal 2016. Namun, apakah nantinya Sport Utility Vehicle andalan Mitsubishi di Indonesia itu diproduksi di dalam negeri, masih menjadi pertimbangan.

"Detail belum diputuskan di mana akan diproduksi Pajero Sport terbaru. Tapi karena pabrik baru ini memiliki kapasitas yang besar ada alternatif ke sana. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi yang besar, 160.000 unit per tahun dan masih bisa diperluas," ujar Tamaki di acara Annual media Gathering di Sport Stube Resto, Pondok Indah Glof, Jakarta.

Mitsubishi Indonesia memang berencana membangun pabrik baru yang rencananya mulai beroperasi 2017 mendatang. Namun, pabrik itu diprioritaskan akan memproduksi low MPV.

Meski begitu, Kosei menyatakan tidak menutup kemungkinan Pajero Sport terbaru akan diproduksi di Indonesia juga. Hanya, kata dia, PT KTB tidak memiliki hak untuk memutuskan produksi Pajero Sport terbaru itu. Sebab, pemegang saham terbesar pada pabrik itu adalah Mitsubishi Motors Corporation (MMC) langsung dari Jepang.

Operating General MMC Marketing Division PT KTB, Duljatmono juga menegaskan, saat ini prioritas pabrik baru itu adalah untuk memproduksi Low MPV yang akan meluncur tahun 2017. Tapi, ia mengatakan Pajero Sport terbaru juga bisa saja diproduksi di pabrik itu.

"Saat ini saya tegaskan, prioritas pabrik itu untuk Low MPV. Bukan porsi kita untuk memutuskan SUV diproduksi di pabrik baru. Memang tidak menutup kemungkinan (Pajero Sport terbaru diproduksi di Indonesia), tapi keputusan itu belum ada," kata pria yang akrab disapa Momon itu.

Untuk tahap awal, pabrik baru itu akan memproduksi 80.000 unit LMPV. Sebanyak 60.000 unit akan dipasarkan di Indonesia dan 20.000 lainnya akan diekspor ke 7 negara di ASEAN.

"Untuk ekspor 20.000 unit untuk pasar ASEAN. Ada 7 negara kurang lebih untuk tahap awal. Negaranya mana saja, kami belum bisa informasikan," ujar Tamaki.

Seperti diketahui, Mitsubishi kini masih memproduksi Pajero Sport di Thailand. SUV itu diimpor ke Indonesia dalam benuk utuh atau Completely Build Up.


0 comments:

Post a Comment