Saturday, March 7, 2015

Di Bologna Tukar Motor dengan Sepeda Dapat Rp 9 Juta

Di Bologna Tukar Motor dengan Sepeda Dapat Rp 9 JutaTurin, Italia - Pemerintahan di kota-kota Eropa terus berupaya membuat udara di kota mereka jadi lebih bersih. Yang paling frontal kalau Anda ingat datang dari Paris, dimana Walikota Paris Anne Hidalgo melarang motor jadul masuk ke kota Paris.

Di Bologna, Italia, lain lagi. Warga yang beralih menggunakan sepeda atau sepeda listrik diberi insentif untuk membeli sepeda.

“Di Bologna dapat 350 euro kalau beli sepeda, jika beli sepeda listrik dapat 600 euro (Rp 9 jutaan),” ujar Export Manager Italjet Riccardo Tartarini dalam pertemuan dengan wartawan Indonesia termasuk detikOto di Turin, Italia.

Pemerintah di kota-kota Eropa memang sudah sekian lama bereksperimen dengan insentif ini. Di Paris, karyawannya yang mengendarai sepeda ke kantor akan dibayar sebesar 25 sen euro setiap kilometer mereka gowes.

Di Belgia, sepeda dibebaskan dari pajak yang sudah berlaku selama sekitar 5 tahun. dengan jumlah komuter yang menggunakan sepeda mencapai 8 persen. Di Belanda sekitar 25 persen. Menurut Reuters.

Riccardo menambahkan dari Budapest ke Wina ada jalan khusus sepeda motor yang mencapai 100 km. Kemudian di Rumania pesepeda dibayar 10 sen euro setiap km.

“Jadi setiap pemerintah mendorong penggunaan sepeda,” ujarnya.

Namun dia menekankan, pemberian insentif ini akan selalu direview.

(ddn/ady)

0 comments:

Post a Comment