Tuesday, April 21, 2015

Bertekad Lampaui Penjualan Motor, Ini Strategi Michelin

Bertekad Lampaui Penjualan Motor, Ini Strategi MichelinBandung - PT Michelin Indonesia divisi roda dua bertekad untuk bisa menjual ban dengan jumlah yang lebih besar ketimbang penjualan sepeda motor di Indonesia. Untuk menorehkan target itu, Michelin pun punya cara tersendiri.

Country Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng menjelaskan, pemilihan partner seperti distributor dan elemennya menjadi salah satu strateginya. Menurutnya, Michelin lebih mengunggulkan ban dengan keamanan yang tinggi ketimbang harganya yang murah.

"Yang paling penting adalah Michelin memilih partner yang tepat melakukan edukasi kepada konsumen dan distriubusi. Distributor yang kita pilih adalah yang concern pada value terhadap produk," kata Bayu di Bandung, kemarin.

Strategi kedua adalah dengan memilih toko yang benar-benar mau mengedukasi konsumennya. Jadi, toko yang dipilih itu tidak hanya fokus pada penjualan ban.

"Karena mungkin kalau dilihat harga Micehelin di atas harga ban lokal, otomatis toko mikir-mikir. Akhirnya Michelin memilih toko yang concern mengedukasi konsumennya. Contohnya toko harus punya pengukur tekanan ban. Toko mendisplay ban dengan rapi. Tidak ditumpuk-tumpuk asal-asalan," jelas Bayu.

Bayu mengatakan, Michelin membidik pengguna motor yang membutuhkan keamanan berkendara. Jadi bukan soal harga yang dipertimbangkan, tapi juga soal kualitas ban yang bisa menjamin keselamatan dan keamanan berkendara.

"Segmen Michelin adalah konsumen yang peduli terhadap safety. Kita terus melakukan edukasi. Kalau mereka pilih Michelin bukan pertimbangkan harganya tapi efeknya," ujar Bayu.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment