Tuesday, April 21, 2015

Mau Aman Bermotor? Cek Tekanan Angin Ban Seminggu Sekali

Mau Aman Bermotor? Cek Tekanan Angin Ban Seminggu SekaliJakarta - Tekanan ban yang sesuai juga memegang peranan penting. Disarankan, tekanan ban harus disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan motor.

Country Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng mengatakan, tekanan angin yang berlebihan membuat fungsi ban hilang. Sebab, karet ban akan merenggang karena ban berkembang tidak seharusnya.

"Tekanan angin penting untuk keamanan. Tekanan angin yang berlebihan membuat fungsi ban hilang. Karena dia memaksa karet ban berkembang tidak seharusnya. Sehingga kan dia menarik komponen yang sebenernya tidak didesain seperti itu," jelas Bayu.

Sebaliknya, tekanan angin yang kurang juga membuat ban tidak berumur panjang. Gesekan ban dengan tekanan angin yang kurang akan lebih besar.

"Kalau tekanan angin yang kurang itu membuat ban cepat habis. Karena dia lebih ketekan ke bawah. Makanya saran kita, seberapa pun bagus ban kalau tidak sesuai tekanannya itu tidak akan berfungsi maksimal," katanya.

Nah, Bayu juga menyarankan, tekanan angin harus dicek secara rutin. Minimal, satu minggu sekali ban bisa dicek agar tetap sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor. Sebab, kondisi jalan yang bergelombang bisa mengurangi tekanan angin.

"Kalau saran saya sebaiknya serutin mungkin. Paling enggak seminggu sekali. Karena kita enggak tahu tekanan yang kita lalui di jalan," ujar Bayu.


0 comments:

Post a Comment