Thursday, June 11, 2015

Motor Listrik Buatan ITS Garansindo Pakai Standar Global

Motor Listrik Buatan ITS Garansindo Pakai Standar GlobalJakarta - Dengan Garansindo Group, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya telah mengembangkan motor listrik. Motor yang akan diproduksi oleh Garansindo itu diklaim bakal memiliki standar global sehingga sejajar dan sekelas dengan merek-merek ternama dari luar negeri.

“Motor kami tentunya akan diuji semua aspeknya termasuk electromagnetic compatibility-nya, fitur keamanan dan kenyamannya, dan bahkan kemananan bahan material yang digunakannya. Uji itu mengacu pada standar global termasuk di dalamnya ada standar Indonesia,” papar Ketua Tim Riset Kendaraan Listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto saat dihubungi detikOto, Jumat (12/6/2015).

Sebagai produk berkelas global, dalam proses pengembangannya, ITS juga meneliti dan mencermati model motor listrik yang buatan merek dunia sebagai pembanding. Beberapa model itu antara lain motor listrik Zero, Italjet, dan lainnya.

“Tapi harus diingat, kami bukan menyalin atau menjplak. Ini sebagai perbandingan semata, karena kita juga ingin bersaing secara global, tentunya juga harus tahu seperti apa pemain-pemain yang bersaing,” kata Yuniarto.

Bahkan, Yuniarto mengaku karya tim peneliti ITS kualitasnya juga tak kalah dengan para peneliti liuar negeri. Setidaknya, terbukti dari pengakuan para peneliti mancanegara.

Menurutnya, para peneliti ITS mulai mengembangkan motor listrik sejak 2013 lalu. Mereka secara intensif melakukan penelitian dan diskusi dengan para peneliti luar negeri antara lain peneliti dari Universitas Oxford Inggris.

Para peneliti ITS ini berjumlah 20 orang. Mereka terdiri dari dosen, asisten penelitian, serta sejumlah mahasiswa.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment