Friday, August 14, 2015

Ini Catatan Penjualan Motor Honda dan Yamaha Sepanjang Juli Lalu

Ini Catatan Penjualan Motor Honda dan Yamaha Sepanjang Juli LaluJakarta - Penjualan sepeda motor di Indonesia sepanjang Juli lalu hanya 439.245 unit atau anjlok 25,4 persen dibanding bulan sebelumnya. Dua merek yang selama ini mendominasi penjualan juga membukukan penurunan penjualan whole sales atau distribusi dari pabrik ke diler.

“Pengiriman motor juga lebih sedikit karena banyak hari libur, terlebih seminggu sebelum lebaran pabrikan sudah tidak bisa mendistribusi produknya karena sesuai aturan harus menghentikan operasi (distribusi),” papar Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala, saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Jumat (15/8/2015).

Kecuali merek asal India, TVS, yang membukukan kenaikan penjualan, semua merek mencatatkan penurunan distrubisi alias penjualan wholesales. Tak terkecuali Honda dan Yamaha yang selama ini menempati urutan teratas dalam penjualan.

Data AISI menunjukan, pada bulan itu, merek berlambang saya mengepak itu hanya mendistribusikan 280.197 motor ke diler. Padahal, pada bulan sebelumnya tercatat sebanyak 364.660 unit.

Adapun Yamaha, pada saat yang sama, mendistribusikan 135.954 unit motor. Jumlah itu menurun cukup banyak jika dibanding bulan sebelumnya yang sebanyak 200.451 unit.

Dengan tambahan distribusi sebanyak itu, total penjualan Honda sepanjang Januari hingga Juli lalu telah mencapai 2.417.353 unit. Sedangkan Yamaha di periode yang sama telah melego 1.109.514 unit.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment