Tuesday, October 6, 2015

Bus Otonom Mulai Berkeliaran di China

Bus Otonom Mulai Berkeliaran di ChinaZhengzhou - Era teknologi saat ini, pabrikan otomotif mulai berlomba mengembangkan kendaraan otonom. Teknologi kendaraan otonom pun bisa digunakan pada sebuah bus. Kini giliran produsen bus asal China yang membuktikannya.

Seperti dilansir Shanghaiist, Rabu (7/10/2015), produsen bus bernama Yutong tampak begitu percaya diri dengan prototipe bus otonom. Mereka juga mengudang beberapa orang untuk menyaksikan sekaligus merekam perjalanan bus otonom.

Pembuktian kemampuan bus otonom itu dilakukan dengan perjalanan sejauh 32 km di Zhengzhou, China. Benar saja, pembuktian kali ini menyita perhatian penumpangnya.

Dalam video pembuktian bus otonom ini, terlihat seorang duduk di kursi pengemudi. Namun dengan santainya, orang itu justru bersandar dan rileks dengan tangan di belakang kepala tanpa mengendalikan setir.

Menurut Yutong, bus ini dilengkapi dengan dua kamera, empat radar laser, satu set radar gelombang dan sistem navigasi yang terintegrasi. Bus ini juga memiliki mampu beraksi di jalan seperti berpindah jalur, menyalip mobil dan memberikan respons terhadap lampu lalu lintas.

Ini tampaknya menjadi bus otonom pertama. Yutong membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk mengembangkannya. Tentu, mereka juga memerlukan pengujian dan pengembangan lebih lanjut sebelum diproduksi massal.