Tuesday, October 6, 2015

Pakai Lexus GS, Toyota Mulai Uji Mobil Otonom

Pakai Lexus GS, Toyota Mulai Uji Mobil OtonomTokyo - Produsen mobil Jepang, Toyota nampaknya tak ingin ketinggalan dalam menciptakan mobil pintar untuk menghadapi tantangan di masa depan. Mobil pintar tersebut menggunakan fitur kemudi otomatis. Dan mobil pun sudah mulai diuji di jalanan Jepang.

Berbeda dengan Google dan Apple yang merancang mobil tanpa sopir secara utuh tidak memerlukan campur tangan sopir saat berkendara di jalanan, Toyota mengambil jalan yang berbeda. Toyota tetap mempercayakan mobil pada kendali pengendara.

Karenanya Toyota mengusung konsep konsep Highway Teammate. Konsep tersebut terlihat lebih friendly dimana ada hubungan dan kerja sama yang terjalin antara pengemudi dengan mobil. Mobil dilengkapi berbagai sensor dan fitur yang membantu pengemudi dapat beristirahat selagi berada di jalan bebas hambatan.

Toyota mengemukakan bahwa interaksi antara sopir dengan mobil harusnya menjadi seperti cermin. Keduanya saling berhubungan satu sama lain layaknya sahabat.

"Toyota yakin bahwa interaksi antara sopir dengan mobil harusnya seperti antara dua sahabat dekat yang berbagi tujuan sama. Terkadang yang satu memperhatikan dan membantu satu sama lain. Dengan konsep ini Toyota bermaksud untuk membuat Mobility Teammate Concept. Untuk mewakili usaha dari konsep tersebut, kami mewujudkan lewat Highway Teammate," kata Toyota.

Sebagai langkah ujicoba dengan fitur Highway Teammate, Toyota menggunakan Lexus GS di jalan bebas hambaran Tokyo Shuto Expressway.

Fitur tersebut secara otomatis akan menjalankan mobil. Teknologi pada fitur tersebut juga mengevaluasi kondisi lalu lintas, membuat keputusan, dan mengambil langkah selama berkendara di jalan bebas hambatan seperti mengubah jalur dan mempertahankan jarak aman. Pengereman atau akselerasi otomatis bisa dilakukan oleh sistem.

Prototipe mobil yang diujicobakan di jalan bebas hambatan tersebut menggunakan data peta jalanan serta beberapa sensor yang dapat mendeteksi kendaraan lain disekitar. Fitur tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan keselamatan bagi pengendara Toyota.

Untuk mengembangkan teknologi tersebut, Toyota menggandeng Stanford University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT). Rencananya fitur Highway Teammate Toyota ini mulai diluncurkan pada 2020 mendatang.