Tuesday, October 6, 2015

Software Tambahan dari Volvo Memungkinkan Mobil Berjalan Sendiri

Software Tambahan dari Volvo Memungkinkan Mobil Berjalan SendiriStockholm - Volvo menyajikan sebuah perangkat lunak tambahan yang memungkinkan sebuah kendaraan bisa berjalan tanpa peran sopir. Mobil Volvo XC90 dilengkapi dengan perangkat lunak bernama IntelliSafe Auto Pilot yang akan diuji publik mulai 2017.

Produsen mobil asal Swedia itu menyajikan sebuah video bagaimana pemilik kendaraan bisa mengalihkan mode berkendaranya menjadi mode otonom. Dengan mode otonom, pengemudi tak perlu lagi berperan aktif mengoperasikan laju kendaraan.

"Kami telah merancang user interface aman dan mulus untuk digunakan. Jadi, pengendara yakni bisa menransfer (ke mode otonom) dan mengambil kembali kontrol mobil," kata bos desain Volvo, Thomas Ingenlath.

IntelliSafe Auto Pilot digunakan pada SUV Volvo XC90. Aplikasi ini dilengkapi dengan sebuah paddle di balik setir yang akan menyala ketika mobil berada di jalanan khusus yang disetujui untuk mengaktifkan mode otonom. Jalan yang disetujui untuk aktivasi mode otonom juga ditampilkan ketika rute navigasi diprogram pada awal perjalanan.

Ketika pengemudi menekan tuas paddle tersebut pada waktu tertentu, mobil akan mengambil alih fungsi mengemudi otonom di jalan yang disetujui. Setelah digunakan, nantinya ada peringatan selama 60 detik untuk pengemudi agar bisa mengambil alih pengoperasian kendaraan secara manual.

Jika pengemudi tidak mengambil alih kontrol mobil, secara otomatis mobil itu akan berhenti. Sistem IntelliSafe ini menggunakan beberapa radar, kamera dan sensor laser yang memungkinkan mobil membaca keadaan jalan di depan.

Sistem ini akan diuji coba di Gothenburg pada tahun 2017 mendatang. Sebanyak 100 unit Volvo XC90 nantinya akan dilengkapi software ini untuk diuji dengan jarak 30 mil.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment