Monday, October 19, 2015

Demi Lahirkan Mobnas, Turki Beli Hak Paten Saab 9-3

Demi Lahirkan Mobnas, Turki Beli Hak Paten Saab 9-3Istanbul - Pemerintah Turki mengumumkan telah membeli paten mobil Saab 9-3 generasi kedua dari National Electric Vehicles Sweden (NEVS). Semuanya dilakukan demi lahirnya mobil nasional Turki.

Dilansir leftlanenews, Senin (19/10/2015), untuk menjadikan mobil nasional Turki, Saab 9-3 akan dibangun ulang di Turki.

Dikatakan, The Scientific and Technological Research Council of Turkey (TUBITAK) telah menjalin kerjasama dengan NEVS. Jalinan itu dilakukan untuk bisa mengubah mobil yang sudah berusia 13 tahun ini, dan menjadikan sebagai mobil nasional.

Memang belum diketahui spesifikasi lengkap mobil nasional Turki yang ini, namun prototipe yang disamarkan sudah mulai ditampilkan pemerintah Turki. Dengan mengusung platform milik Saab 9-3, mobil nasional Turki ini mengusung desain mirip Cadillac BLS.

Memang desain yang disajikan belum bisa dipastikan masuk dalam jalur produksi. Namun bisa dipastikan mobil nasional Turki ini tidak akan mengusung nama Saab 9-3.

"Kami telah membeli hak paten Saab 9-3, tapi tidak dengan namanya," ujar juru bicara pemerintah Turki di Turkish television.

Dikabarkan mobil nasional Turki ini akan menawarkan 2 pilihan mesin bensin dan diesel 4 silinder, serta diharapkan ke depannya Turki akan memiliki mobil nasional listrik. Dan setidaknya Turki menargetkan 85 persen part akan dibuat secara lokal di Turki.


(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment