Monday, October 19, 2015

Ini Kota-kota di Indonesia yang Paling Aman di Jalanan

Ini Kota-kota di Indonesia yang Paling Aman di JalananJakarta - Penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) kembali digelar tahun ini. Sebanyak 12 kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia terpilih menjadi finalis yang bakal menerima penghargaan IRSA.

Penilaian pada IRSA 2015 mengacu pada 5 pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan yaitu Pilar Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User), dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response).

"Kegiatan IRSA ini tidak hanya penghargaan. Namun terdapat hal penting didalamnya yaitu evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi finalis yang terpilih," ujar Indra Baruna, CEO Adira Insurance selaku penyelenggara IRSA 2015 di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Dari 76 kota dan kabupaten yang mendaftar, dilakukan proses short listing melalui evaluasi data kuantitatif. Hasilnya, terpilih 16 kota dan kabupaten yang lolos ke tahap selanjutnya.

Sebanyak 16 kota dan kabupaten yang terpilih menjalani tahap seleksi selanjutnya melalui survei dan observasi yang dilakukan oleh para pakar.
Dari sejumlah rangkaian proses seleksi, terpilihlah 12 finalis IRSA 2015 yang terbagi menjadi empat kategorisasi yaitu

1. Kota dengan penduduk diatas satu juta jiwa: Surabaya, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

2. Kota dengan penduduk dibawah satu juta jiwa: Balikpapan, Probolinggo, dan Tasikmalaya.

3. Kabupaten dengan penduduk diatas satu juta jiwa: Jepara, Tangerang, dan Klaten.

4. Kabupaten dengan penduduk dibawah satu juta jiwa: Hulu Sungai Selatan, Kudus, dan Karanganyar.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment