Tuesday, October 20, 2015

KNKT: Mobil di Indonesia Banyak yang Tidak Memenuhi Standar Keamanan

KNKT: Mobil di Indonesia Banyak yang Tidak Memenuhi Standar KeamananJakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi mengkritik standar keamanan mobil-mobil yang beredar di Indonesia. Produsen mobil diminta untuk menerapkan standar yang lebih tinggi.

"Kendaraan-kendaraan di Indonesia sudah banyak yang tidak memenuhi safety standard. Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) harus menetapkan standar yang lebih tinggi untuk Indonesia, jangan hanya jualan saja," ujar Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Lantas Angkutan Jalan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi Leksmono Suryo Putranto di Jakarta.

Dia menambahkan akibat kurangnya standar keselamatan, angka kecelakaan meningkat. Dia mengatakan peran Gaikindo sebagai wadah dari industri kendaraan bermotor di Indonesia bisa menerapkan standar keselamatan yang tinggi pada kendaraan bermotor.

Jumlah korban yang meninggal dunia dengan sia-sia akibat kecelakaan meningkat pada periode April-Juni 2015. Tercatat sebanyak 4. 814 jiwa melayang disebabkan kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Angka tersebut juga beriringan dengan pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia yang cukup pesat.

Leksmono yang juga guru besar di Universitas Tarumanegara ini menilai seharusnya perkembangan jumlah kendaraan bermotor harus berbarengan dengan penerapan standar keselamatan yang tinggi.

Gaikindo beserta pemerintah memiliki kewajiban agar industri otomotif di Indonesia tak hanya berjualan saja, tapi juga memerhatikan standar keselamatan yang tinggi pada kendaraan bermotor.

"Peran pemerintah juga penting agar jangan membiarkan industri otomotif berjualan tanpa memerhatikan standar safety yang tinggi. Kita harus melindungi masyarakat Indonesia dari kematian yang sia-sia,” ujarnya.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment