Tuesday, October 20, 2015

Pirelli Pastikan Bannya yang Dibuat di Indonesia Lebih Kompetitif

Pirelli Pastikan Bannya yang Dibuat di Indonesia Lebih KompetitifSubang - Pabrikan ban asal Italia, Pirelli, yang menggandeng PT Astra Otoparts pada 2014 lalu, sejak Juni lalu telah memproduksi ban Angel CT. Meski memiliki kualitas global, namun harga disebut lebih kompetitif. Mengapa?

"Kami mengggunakan bahan-bahan atau material dari berbagai negara, dan yang utama kami impor Eropa dan Amerika khususnya Brasilia. Tapi sebagian lainnya dari negara-negara Asia yang memiliki perjanjian kerjasama ekonomi dengan Indonesia," kata Business Unit Moto, Asia Pacific Marketing Manager Enrico Maria d'Aloja di pabrik Pirelli, Subang, Jawa Barat, Selasa (21/10/2015).

Memang, volume bahan-bahan itu masih relatif sedikit. Namun jika ditambah dengan tenaga kerja yang berasal dari lokal Indonesia, nilainya cukup lumayan.

"Jadi, kalau dibuat kumulatif soal biaya produksi tentu saja, akan lebih kompetitif jika dibanding produk brand lain yang sekelas. Ingat, kami tidak bicara perbandingan dengan produk lokal, tetapi brand dari luar," kata Enrico.

Namun, keunggulan lain yang bisa menjadi keunggulan kompetitif ban Pirelli dibanding merek lain sekelasnya adalah daya tahan atau umur pakai.

Enrico menyebut, tingkat durabilitasnya 30 persen lebih lama. Artinya, lanjut dia, dari sisi biaya pemakaian oleh konsumen lebih hemat 30 persen.

Pabrik Pirella yang dikelola oleh Evoluzione Tire - yang merupakan kongsi antara PT Astra Otoparts dan Pirelli Italia - itu sahamnya 60 persen dimiliki oleh Pirelli dan 40 persen Astra Otoparts.

Hanya, Enrico tak bersedia memberikan angka pasti berapa harga ban buatannya itu. Dia berdalih, hal itu merupakan bagian dari strategi global Pirelli. "Yang pasti, bisa kami sebut lebih kompetitif dengan alasan yang seperti saya sebutkan tadi," ucapnya.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment