Thursday, November 5, 2015

Bos Toyota Masuk Daftar Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Bos Toyota Masuk Daftar Orang Paling Berpengaruh di DuniaNew York -

Bos Toyota, Akio Toyoda masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia tahun ini. Akio Toyoda hanya terpaut satu peringkat di bawah bos Apple, Tim Cook dan berada di atas CEO Google, Sergey Brin.

Dalam peringkat orang paling berpengaruh di dunia yang diterbitkan oleh Forbes, Jumat (6/11/2015), Akio Toyoda berada di peringkat 28. Cucu dari pendiri Toyota Motor, Kiichiro Toyoda telah memimpin perusahaan ditengah situasi sulit yang dihadapi. Mulai dari resesi global, penarikan mobil, hingga gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Jepang pada 2011 lalu.

Toyota saat ini menjadi perusahaan mobil yang penjualannya terlaris di seluruh dunia dengan mencatat angka 7,49 juta dan berada di peringkat satu dunia. Posisi Toyota mampu menggeser dominasi Volkswagen yang per akhir September lalu mengirim 4,3 juta mobil ke seluruh dunia.

"Saya ingin semua orang di dunia melihat perusahaan kami sebagai pabrik mobil terbaik, daripada terbesar,” ujar Toyoda dalam Tokyo Motor Show.

Toyoda pun kini ingin membuat Toyota lebih baik lagi dengan membuat sebuah perusahaan yang fokus pada artificial intelligence (AI) atau kepintaran buatan. Perusahaan itu adalah Toyota Research Institute (TRI). Perusahaan akan bermarkas di Lembah Silikon, berdekatan dengan Standford University dengan fasilitas kedua berada di dekat Massachusetts Institute of Technology (MIT). Perusahaan akan mulai beroperasi Januari 2016.

Dalam jumpa pers yang tengah berlangsung siang ini, Toyota Motor Corporation (TMC) mengucurkan dana sampai US$ 1 miliar untuk pengembangan AI, robotics, dan big data untuk mengantisipasi mobilitas di masa depan.

“Seiring perkembangan teknologi, kami juga mampu meningkatkan kemampuan kami dalam produk yang lebih baik. Di Toyota kami tidak mengejar inovasi hanya karena kami bisa, tetapi kami mengejar inovasi juga karena kami harus. Itu adalah tanggung jawab kami untuk membuat hidup yang lebih nyaman untuk para konsumen, dan lingkungan secara keseluruhan,” ujar Toyoda.

Pada peringkat orang paling berpengaruh dunia versi Forbes tahun lalu, Toyoda yang memimpin Toyota sejak 2009 tersebut berada di peringkat 34.

Peringkat yang ia peroleh tahun ini naik 6 peringkat. Sedangkan gelar orang paling berpengaruh di dunia versi Forbes tahun ini disematkan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment