Thursday, November 5, 2015

Mengenal Berbagai Fungsi di Multi Information Display Mobil

Mengenal Berbagai Fungsi di Multi Information Display MobilJakarta - Multi Information Display atau biasa disebut dengan MID adalah sebuah indikator pada kendaraan, yang merupakan sistem display pada kendaraan yang dipasangkan pada kombinasi meter, untuk menampilkan berbagai informasi. Display dapat berupa LCD (liquid crystal display) atau dot MID.

Sistem ini akan memudahkan bagi pengemudi untuk mengetahui kondisi pengendaraan. Patut diketahui, tidak semua kendaraan dilengkapi dengan fitur MID dan informasi yang ditampilkan pada MID sedikit berbeda pada setiap jenis kendaraan.

Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat di buku pedoman pemilik atau menanyakan ke dealer penjual. Nah, informasi apa saja yang ditampilkan di MID dapat kami jelaskan berikut ini:

1. Outside temperature

Menginformasikan temperatur udara d sekitar kendaraan. Sistem ini dilengkapi dengan sensor yang biasa dipasang di dekat grill/bemper depan.

2. Cruising range

Menginformasikan jarak yang dapat ditempuh dengan sisa bahan bakar yang ada di dalam tanki kendaraan. Informasi ini dihitung berdasarkan volume bahan bakar yang ada di dalam tanki dan konsumsi bahan bakar rata-rata pada saat itu.

3. Elapsed time

Menunjukkan lamanya waktu mesin hidup sejak mesin tersebut di start. Elapsed time menggunakan satuan detik.

4. Average speed

Menginformasikan rata-rata kecepatan kendaraan. Informasi ini dihitung berdasarkan durasi waktu dan jarak jelajah sejak kendaraan dijalankan. Tampilan akan selalu dirubah setiap beberapa detik.

5. Average fuel consumption

Menunjukkan rata-rata konsumsi bahan bakar pada saat itu juga. Ada kemungkinan, nilai yang ditampilkan di MID sedikit berbeda dengan konsumsi sebenarnya. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi jalan dan pola pengendaraan.

6. Current fuel consumption

Menginformasikan konsumsi bahan bakar pada saat ini. Nilai selalu berubah-ubah sebanding dengan injakan pedal gas. Semakin dalam injakan pedal gas, konsumsi bahan bakar semakin besar. Satuan yang digunakan adalah km/liter atau liter/km.

7. Trip ‘A’ dan ‘B’

Menginformasikan jarak yang ditempuh dari suatu tempat ke tempat lain dalam satuan km.

Tersedia dalam dua pilihan, yaitu trip ‘A’, dan trip ‘B’. Sistem ini dilengkapi menu reset untuk memperbarui jarak tempuh kembali ke nilai nol km.

8. Odometer

Menginformasikan jarak yang sudah ditempuh kendaraan tersebut dalam satuan km. Berbeda dengan trip ‘A’ dan ‘B’ yang bisa dikembalikan ke dalam keadaan semula ke angka nol km, angka yang tertera pada odometer akan selalu bertambah setiap kali kendaraan dijalankan.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment