Sunday, November 29, 2015

Cek 'POWDER' Sebelum Mengendarai Mobil

Cek Jakarta - Kondisi kendaraan memang hanya sedikit mempengaruhi keselamatan Anda selama perjalanan. Namun, bukan berarti kita bisa mengabaikan kondisi kendaraan juga.

"Kendaraan porsinya sedikit. Tapi penting," kata Adriyanto Wiyono dari Indonesia Defensive Driving Center di acara coaching clinic bertajuk Amazing Rush yang diadakan detikOto bersama Toyota, di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (29/11/2015) kemarin.

Pria yang akrab disapa Riyan itu memberikan tips untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum Anda mulai mengendarainya. Jika kendaraan mengalami masalah, Anda disarankan agar langsung membawanya ke bengkel atau membenahi sendiri kalau mampu.

"Sebelum memasuki mobil, Bapak/Ibu kelilingi dulu kendaraannya satu kali. Cek ada tetesan oli atau tidak, atau ada sesuatu yang penyok dan lain sebagainya. Itu untuk memastikan bahwa mobil ini siap dikendarai," ucap Riyan.

Anda disarankan agar mengecek kondisi luar kendaraan seperti bodi, roda dan ban. Selain itu, ruang mesin dan kondisi di dalam kendaraan juga disarankan untuk dicek.

"Cara mudah untuk mengingat pemeriksaan kendaraan, gunakan istilah POWDER. POWDER itu ada kepanjangannya yaitu petrol, oil, water, damage, electric, rubber," kata Riyan

1. Petrol: Pastikan bahwa bahan bakar cukup.
2. Oil: Pastikan bahwa minyak apapun yang ada di mobil cukup atau tidak.
3. Water: Cek kondisi air wiper dan air pendingin (radiator).
4. Damage: Periksa apakah ada kerusakan atau tidak. "Kalau suami sama istri, mobilnya gantian pakai, kalau ada penyok kan enggak ketahuan," kata Riyan.
5. Electric: Periksa komponen kelistrikan seperti lampu sein, lampu utama dan sebagainya.
6. Rubber: Cek komponen mobil yang terbuat dari karet seperti ban dan wiper.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment