Tuesday, December 29, 2015

Hyundai Siapkan SUV Berbahan Bakar Hidrogen Versi Baru

Hyundai Siapkan SUV Berbahan Bakar Hidrogen Versi BaruJakarta - Hyundai dikabarkan tengah menyiapkan versi baru Sport Utility Vehicle (SUV) berbahan hidrogen. Selain memiliki daya jelajah yang lebih jauh, varian ini bakal menjadi varian berspesifikasi tinggi di jajaran mobil hidrogen merek tersebut.

Seperti dilaporkan Autocar, Selasa (29/12/2015), sumber di pabrikan mengatakan, SUV hidrogen versi anyar itu bakal menjadi versi dengan spesifikasi khusus atau tinggi diantara mobil hidrogen yang dibuat Hyundai.

"Mengembangkan mobil bespoke menawarkan keuntungan yang jelas. Misalnya, semakin besar radiator pada mobil sel bahan bakar akan lebih baik. Anda bisa melihat pada (Toyota) Mirai yang dikembangkan dengan solusi pendinginan yang membantu," kata Kepala Penelitian Kendaraan Hidrogen Hyundai-Kia, Sae-Hoon Kim.

Hyundai dan Toyota memang menjadi produsen pertama yang memproduksi massal mobil sel bahan bakar dan sudah dijual. Hyundai memulai proyek generasi kedua ini menggunakan platform yang sudah ada.

Sementara, ‘saudara’ satu grup Hyundai yakni Kia, juga akan meluncurkan kendaraan bahan bakar hidrogen pada 2020.

Sejumlah informasi menyebut, Hyundai akan tetap menggunakan bentuk bodi SUV yang ada (Hyundai Tucson dan Santa Fe) untuk mobil hidrogen barunya. Sebab, penjualan SUV secara global hingga saat ini masih moncer.

Kim juga mengisyaratkan, mobil hidrogen terbaru Hyundai ini ditargetkan bisa menjangkau jarak 800 km dengan kecepatan maksimal 177 km/jam.

Sebagai pembanding, mobil sel bahan bakar Hyundai ix35 yang sudah ada saat ini cuma bisa menjangkau 600 km dengan kecepatan 160 km/jam.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment