Monday, January 11, 2016

Ini Cara dan Etika Berhenti di Bahu Jalan Tol Karena Darurat

Ini Cara dan Etika Berhenti di Bahu Jalan Tol Karena DaruratJakarta - Pada saat kendaraan kita mengalami masalah saat melaju di jalan tol dan harus berhenti untuk melakukan perbaikan, peraturan memperbolehkannya. Namun, ada etika dan aturan agar tak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain. Seperti apa?

“Saat kita terpaksa harus menghentikan kendaraan karena suatu kondisi mendesak, harus berhenti di jalan bebas hambatan dan di bahu jalan misalnya. Semua kendaraan mempunyai alat komunikasi yang namanya Hazard Light atau emergency flasher yaitu lampu yang berkedip seperti lampu sein di keempat titik depan dan belakang,” papar President Director Indonesia Defensive Driving Center, Bintarto Agung, saat dihubungi di Jakarta, Sela sa (12/1/2016).

Namun, sebelum benar-benar menghentikan kendaraan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dilakukan. Salah satu yang terpenting adalah, memastikan posisi kendaraan berada di areal bahu jalan yang telah ditetapkan otoritas jalan tol atau di sebelah dalam dari garis batas bahu jalan berwarna putih.

Jangan melebihi garis tersebut. Setelah itu, nyalakan lampu hazard sebagai komunikasi. Dengan demikian, pengguna kendaraan lain mengetahui bahwa kendaraan kita berada dalam keadaan darurat dan mereka dapat lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

“Peraturan ini secara global diatur dan dikeluarkan oleh Society of Automotive Engineer (SAE), Department Of Transportation (DOT -USA) dan lain-lain,” kata Bintarto.

Langkah selanjutnya adalah meletakkan tanda segitiga darurat sebagai tanda kita tengah melakukan perbaikan karena keadaan darurat. Tanda tersebut sebaiknya diletakan lebih kurang 100 meter sebelum dan se telah titik dimana kendaraan diparkir.

Mengapa demikian? Karena tanda ini merupakan isyarat atau bahasa komunikasi yang menyatakan agar kendaraan lain menjaga jarak dengan batasan tertentu.

Sehingga, Anda bisa leluasa melakukan aktivitas memperbaiki kendaraan. Artinya Anda aman dan orang lain pun tetap nyaman dan aman.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment