Monday, January 11, 2016

Di Inggris, SIM Motor Dibedakan Tergantung Jenis dan Kecepatan

Di Inggris, SIM Motor Dibedakan Tergantung Jenis dan KecepatanLondon - Penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor juga berlaku di Inggris. Di Negeri Britania itu, SIM sepeda motor disesuaikan dengan kapasitas kendaraan, jenis kendaraan dan kecepatannya.

Seperti detikOto kutip dari laman Gov.uk, SIM sepeda motor terbawah masuk dalm kategori AM. Kategori tersebut mencakup penggunaan moped dengan kecepatan 25 km/jam hingga 45 km/jam, motor tiga roda kecil 50 cc dan di bawah 4 kW serta quadricycles kecil di bawah 350 kg dengan kecepatan tertinggi 45 km/jam.

SIM kategori AM tersebut bisa didapat warga berusia minimal 16 tahun. Syaratnya, mereka harus mengikuti p elatihan dasar wajib, tes teori dan praktik.

Warga berusia minimal 16 tahun di sana juga diperbolehkan membuat SIM kategori Q. SIM kategori ini berlaku untuk moped dua atau tiga roda dengan top speed 25 km/jam.

Sementara untuk warga berusia minimal 17 tahun diperbolehkan membuat SIM kategori A1. Kategori tersebut berlaku untuk sepeda motor ringan bertenaga 11 kW dengan rasio power to weight tidak lebih dari 0,1 kW per kg, motor bermesin 125cc dan motor tiga roda dengan tenaga tidak lebih dari 15 kW.

Sementara SIM kategori A2 berlaku untuk sepeda motor standar dengan tenaga hingga 35 kW (46,94 daya kuda) dan rasio power to weight tidak lebih dari 0,2 kW per kg. SIM ini hanya boleh dibuat oleh warga berusia minimal 19 tahun.

Sementara motor dengan kapasitas mesin dan tenaga yang tidak terbatas, dengan atau tanpa sidecar dan motor tiga roda dengan tenaga lebih dari 15 kW harus m emiliki SIM kategori A. SIM ini hanya boleh dimiliki warga berusia minimal 24 tahun.

Atau, pemegang SIM A2 selama lebih dari 2 tahun juga bisa mengajukan pembuatan SIM kategori A untuk motor dengan kapasitas mesin besar. Tentu dengan melalui pengujian praktik.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment