Monday, April 18, 2016

Ini Faktor yang Menggembosi Penjualan Low MPV

Ini Faktor yang Menggembosi Penjualan Low MPVJakarta - Saat ini pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) masih jadi segmen paling besar di Indonesia. Namun kenyataannya, MPV mengalami penurunan penjualan.

Dari data Gaikindo per bulan Maret 2016, penjualan mobil Low MPV turun dari 70.839 unit sepanjang Januari-Maret 2015 menjadi 63.015 unit pada Januari-Maret 2016. Nissan pun coba menanggapi hal ini, apa yang membuat MPV kian menyusut penjualan di Indonesia.

"Pasar MPV low semakin menurun, memang pasarnya ini menurun mengarah ke LCGC. Kita ada survei mengenai pasar, banyak terjadi cross shopping dari Low MPV ke LCGC," ujar GM Marketing Strategy PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin.

"Ketika membeli LCGC mereka sebenarnya juga mempertimbangkan Low MPV," ujarnya.

Namun dia meminta jangan langsung melihat hal ini sebagai hal yang negatif. "Sejak awal kita sudah menduga, akan tercipta segmen baru. Sekarang Datsun tengah menikmatinya. LCGC kontribusi naik terus, terakhir menguasai pasar 18 persen, mungkin tahun ini bisa 20 persen," ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, hal ini tidak lepas dari pengaruh melemahnya perekonomian Indonesia.

"Dan ini dipengaruhi oleh demand dan supply. Pengertian demand di sini, yakni kondisi ekonomi membaik orang akan mengambil keputusan, jika kondisi melemah orang akan bergerak ke bawah, orang yang ingin membeli model yang tinggi jadi akan turun (ke LCGC)," katanya.

"Di saat demand ada, baru supply akan mengikuti permintaan," ujarnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment