Monday, April 18, 2016

Indonesia Siap Pakai Mobil Listrik 10 Tahun Lagi

Indonesia Siap Pakai Mobil Listrik 10 Tahun LagiJakarta - Mobil tenaga listrik kembali menguat di Indonesia. Sejumlah anak bangsa tengah bersaing menciptakan mobil listrik karya mereka. Namun, kapan sebenarnya mobil listrik siap mengaspal di Indonesia?

Keseriusan Indonesia dalam menggarap mobil listrik, dapat terlihat dari banyaknya karya mobil listrik yang dikerjakan oleh para mahasiswa.

Terutama dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, sejumlah mahasiswa dari beberapa universitas bersaing memamerkan mobil listrik hasil karya mereka.

Terkait mobil listrik, Sekretaris Jenderal Gaikindo, Kukuh Kumara mengatakan Indonesia diperkirakan siap untuk menerapkan mobil tersebut pada 2025 hingga 2030.

Hal tersebut melihat kondisi infrastruktur pendukung serta teknologi yang diaplikasikan pada mobil listrik. Harga baterai yang mahal juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

"Perlu persiapan yang matang. Indonesia siap kira-kira di atas tahun 2025 hingga 2030. Semakin cepat semakin bagus. Untuk charging bisa 3 sampai 5 jam. Baterai juga masih mahal. Banyak gaktor yang dipertimbangkan dan memang bagus kalau bisa dipenuhi," kata Kukuh kepada detikOto.

Meski memang membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun ke depan untuk penerapannya, Kukuh menambahkan mobil listrik merupakan salah satu potensi pasar otomotif di Indonesia.

"Potensi bisnis pasti ada saja karena tiap negara ingin seperti itu (ada mobil listrik). Tinggal teknologinya saja. Jalan satu jam, charge-nya 3 sampai 5 jam," tutupnya.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment