Tuesday, May 24, 2016

Bisa Pakai RON 87, Honda Civic Disarankan Pakai BBM RON 91 ke Atas

Bisa Pakai RON 87, Honda Civic Disarankan Pakai BBM RON 91 ke AtasBandung - All New Honda Civic yang dibekali mesin turbo memang bisa menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan RON (research octane number) terendah 87. Tapi, Honda merekomendasikan, konsumen All New Honda Civic tetap menggunakan BBM dengan RON 91 ke atas.

Technical & Waranty Manager Service Division Honda Prospect Motor (HPM), Muhamad Zuhdi menyebut, bahan bakar yang direkomendasikan Honda untuk Civic terbaru ini adalah RON 91 ke atas. Tapi, memang pengujian Honda secara global, All New Honda Civic masih bisa menggunakan BBM RON 87.

"Pada kondisi tertentu kita bisa menggunakan bahan bakar sampai RON 87 itu. Kondisi tertentu misalnya di daerah t ertentu tidak ada bahan bakar yang lebih baik dari RON 87. Tapi kita rekomendasikan 91 ke atas," ucap Zuhdi di sela-sela acara media test drive All New Honda Civic di Bandung, Selasa (24/5/2016).

Namun, Zuhdi menyarankan, pemilik Honda Civic terbaru ini jangan terlalu sering menggunakan BBM RON di bawah 91. Sebab, nantinya akan berpengaruh ke mesin.

"Oktan number itu pengaruhnya ke efek knocking. Jangan terlalu sering pakai RON di bawah 91. Karena efeknya knocking yang akan merusak piston," jelas Zuhdi.

Untuk diketahui, generasi ke-10 Honda Civic ini dibekali dengan mesin 1.5L VTEC Turbo serta teknologi Earth Dreams. Mesin tersebut memiliki rasio kompresi 10,6:1.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment