Monday, January 7, 2013

Dahlan Iskan: Tidak Pakai Girboks, Tucuxi Susah Mengerem

Dahlan Iskan: Tidak Pakai Girboks, Tucuxi Susah Mengerem Jakarta - Menteri BUMN, Dahlan Iskan menuturkan teknologi mobil listrik Tucuxi yang dibuat oleh Danet Suryatama berbeda dengan mobil listrik yang dibuat oleh Dasep Ahmadi.

"Teknologi yang dikemukakan Danet pada mobil Tucuxi itu tidak menggunakan girboks, dari motor listrik langsung ke gardan untuk menggerakan roda," ungkap Dahlan kepada para wartawan di Cafe Galery Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) Jl. Cikini Raya No. 72 Menteng Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2013).

Menurut Dahlan, mobil yang tidak menggunakan girbox itu beban sepenuhnya ditanggung oleh rem sehingga tidak ada bantuan pengendalian dari sistem mobil. Alhasil rem mobil listrik ini kehilangan daya cengkeramnya.

"Setelah masuk keturunan yang begitu ekstrem saya harus menekan terus pedal remnya. Lama kelamaan timbul bau yang menyengat kedalam kabin sampai akhirnya kehilangan kendali karena daya cengkramnya tidak ada," paparnya.

Dahlan menambahkan, dari situ ia menyimpulkan kalau mendapatkan pelajaran teknologi yang berharga dan mengetahui kalau mobil tanpa adanya girbox maka daya sesungguhnya akan ditanggung kepada rem.

"Saya mendapat pengalaman yang berharga, saya jadi tahu dan mendapat pelajaran teknologi. Coba kalu saya mengujinya di tempat-tempat biasa bisa mencelakai orang lain yang nanti membelinya," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment