Tuesday, February 5, 2013

Wow! Mobil Termahal di Inggris, Harganya Rp 106,6 Miliar

Wow! Mobil Termahal di Inggris, Harganya Rp 106,6 Miliar London - Inggris memiliki sejarah panjang terkait dunia roda empat. Tapi, mobil apa yang menjadi mobil termahal yang pernah dijual di negeri Ratu Elizabeth II itu? Ternyata mobil itu bukanlah mobil Inggris, melainkan sebuah mobil Italia.

Adalah sebuah Ferrari 250 GT SWB yang berhasil menjadi mobil termahal yang pernah dijual di Inggris ketika mobil itu laku hingga 7 juta pounds atau sekitar Rp 106,6 miliar.

Angka itu tentu membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Namun untuk para kolektor, angka itu adalah angka yang wajar untuk menebus mobil lansiran 1960 itu.

Sebab ini adalah mobil yang dahulu dikemudikan legenda Sir Stirling Moss saat dia memenangi tiga balapan di tahun 1960. Mobil yang sama juga pernah dikemudikan oleh pembalap Mike Parkes untuk kemudian memenangi tiga balapan lagi di tahun berikutnya.

Mobil yang memiliki nomor sasis 2119 ini sebelumnya dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Nigel Corner sejak 2003. Spesialis mobil klasik DK Engineering mengakui kalau mereka telah mencarikan pembeli untuk mobil ini dan telah menemukannya. Namun mereka enggan membocorkan berapa harga mobil ini sebenarnya.

Tapi Daily Mail mengatakan kalau harga mobil ini lebih dari 7 juta pounds yang membuatnya menjadi mobil termahal yang pernah di jual di tanah Britania. Sebab, sebuah Ferrari 250 GT SWB yang serupa tapi 'tanpa cerita' kesuksesan saja bulan lalu mampu terjual hingga 5 juta pounds di Amerika.

"Ini adalah Ferrari pertama yang memenangkan (Goodwood TT) TT dan benar-benar dalam kondisi asli, mesin dan gearbox, keduanya asli," kata James Cottingham dari DK Engineering.

Jantung mobil ini sendiri diisi oleh mesin V12 berkapasitas 3.0 liter yang dikatakan mampu mengembangkan tenaga hingga 300 bhp. Dengan tenaga tersebut hanya butuh waktu 6,2 detik bagi mobil ini untuk berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam. Topspeednya mampu mencapai 245 km/jam.

Dibuat di bulan Agustus 1960, mobil ini hany abutuh waktu satu bulan untuk kemudian memenangkan Goodwood Tourist Trophy. Setelah kemenangan tersebut, beberapa kemenangan lagi dengan mudah digapainya.

0 comments:

Post a Comment