Thursday, March 28, 2013

Cara Kerja Mesin Irit BBM Ford

Cara Kerja Mesin Irit BBM Ford Bangkok - Ford Fiesta mengusung mesin irit bensin yang hanya berkapasitas 1 liter saja. Meski begitu mesin 3 silinder itu disebut-sebut memiliki kinerja yang sama dengan mesin 4 silinder 1.6 liter.

Di Bangkok Motor Show, Ford memamerkan Ford Fiesta yang mengusung mesin Ford EcoBoost 1.0 liter. Saking kecilnya, mesin itu bisa muat di atas selembar kertas A4 atau dimasukkan ke dalam bagasi kabin pesawat.

EcoBoost 1.0 liter adalah anggota terkecil dalam keluarga besar mesin Ford EcoBoost global yang meliputi varian empat silinder 1.6 dan 2.0 liter, serta dua varian V6 3.5 liter.

Mesin 1.0 liter menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi puncak 170 Nm, mesin yang senyap dan lembut ini akan menghasilkan tenaga dan performa yang menandingi mesin bensin 1.6 liter tradisional.

Dengan 25 persen lebih sedikit bagian yang bergerak, EcoBoost 1.0 liter mampu menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih tinggi dan emisi yang lebih rendah.

Teknologi Ford EcoBoost, yang memiliki lebih dari 125 paten, menggabungkan direct fuel injection, turbocharging dan variable valve timing. Hasilnya mesin yang ramping untuk menghasilkan penghematan bahan bakar hingga 20 persen dibandingkan mesin yang lebih besar tanpa kehilangan kinerja.

"Pelanggan pasti akan menyukai anggota junior keluarga mesin EcoBoost yang memiliki tenaga lebih besar dibandingkan beratnya," kata Vehicle Line Director for B Cars, Ford Asia Pasifik Graham Pearson.

"Kebanyakan pelanggan bahkan tidak akan menyadari berkurangnya satu silinder ketika mereka menyalakan dan mengendarai mobil ini. Hal yang akan mereka sadari adalah betapa senyap mesinnya, betapa cepat mobil ini berakselerasi, dan betapa sedikit bahan bakar yang dibutuhkannya," tambahnya.

EcoBoost 1.0 liter berbeda dengan mesin lain dalam sejarah Ford selama lebih dari satu abad. Tidak hanya mesin ini merupakan mesin tiga silinder pertama Ford, mesin ini juga memiliki kepadatan daya tertinggi dibandingkan dengan mesin produksi Ford lain.

Mesin tiga silinder pada umumnya tidak seimbang dan tidak sinkron, menyebabkan getaran yang tidak menyenangkan. Lebih dari 200 teknisi yang berbasis di pusat-pusat teknis Ford di Dunton, Inggris, dan Merkenich, Jerman bekerja sama dalam mengubah mesin tiga silinder yang tidak disukai menjadi Ford EcoBoost 1.0 liter yang halus dan lembut.

Solusi tradisional untuk mengurangi daya getaran pada mesin berukuran kecil adalah dengan memasang poros penyeimbang di dalam motor yang menghilangkan sebagian besar getaran. Namun, hal ini menambah berat, biaya, dan mengurangi penghematan bahan bakar.


Para teknisi menghasilkan alternatif yang cerdas. Mereka sengaja membuat katrol dan flywheel tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif. Pemasangan mesin pun dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin.

EcoBoost 1.0 liter juga memiliki banyak teknologi baru yang belum pernah digunakan sebelumnya pada kendaraan Ford misalnya:

1. Turbocharger superkecil dan sangat responsif menghasilkan tenaga dengan cepat ketika gas dibuka dari rpm rendah. Kemampuan turbocharger untuk mencapai hampir 250.000 rpm tanpa adanya turbo lag dan torsi puncak mesin 170 Nm pada 1.400-4.500 rpm lebih dari cukup bagi pengendara untuk melaju dan menyalip dengan mudah

2. Manifold knalpot ditempelkan ke dalam kepala silinder sehingga gas buang dapat didinginkan menggunakan air untuk memungkinkan rasio bahan bakar dan udara yang optimal di rentang revolusi mesin yang lebih luas

3. Blok cor besi yang unik memanaskan mesin dengan lebih cepat daripada blok aluminium konvensional, mengurangi jumlah energi "pemanasan" yang dibutuhkan sebesar 50 persen dan meningkatkan penghematan bahan bakar

4. Sistem “split-cooling” memiliki termostat terpisah untuk kepala silinder dan blok untuk memungkinkan pemanasan cepat

5. Dua drive belt mesin utama direndam dalam pelumas untuk menghasilkan mesin yang lebih tenang dan lebih efisien sedangkan variable oil pump memastikan tekanan minyak yang optimal di seluruh rentang percepatan





(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment