Monday, April 15, 2013

Detroit 3 Tolak Perjanjian Dagang AS-Jepang

Detroit 3 Tolak Perjanjian Dagang AS-Jepang Detroit - Perusahaan otomotif besar Amerika Ford, General Motors, Chrysler yang sering disebut sebagai Detroit 3 berang setelah pemerintah Amerika menandatangi perjanjian dagang dengan Jepang akhir pekan lalu. Perjanjian itu akan membuat mobil-mobil pabrikan Jepang di AS harganya kian murah.

Perjanjian itu mencakup pengurangan secara bertahap untuk tarif bea masuk mobil dan truk. Selama ini mobil Jepang yang diekspor ke AS memiliki bea masuk 2,5 persen, sedangkan truk 25 persen.

Apa artinya jika ada pengurangan bea mobil Jepang bagi Amerika? Sebuah studi dari Center for Automotive Research (CAR) yang dikeluarkan bulan Agustus 2012 lalu menunjukkan pengurangan tarif 2,5 persen berarti akan menyebabkan hilangnya produksi mobil sebanyak 225.000 unit dan hilangnya 95.000 pekerja.

"Setelah semua pengorbanan oleh pembayar pajak, pekerja otomotif, diler, pemasok dan stakeholders lainnya dalam proses restrukturisasi industri otomotif. Sangat mengejutkan ketika pemerintah AS akan mendukung kebijakan yang akan menempatkan industri otomotif dalam kondisi yang tidak menguntungkan dan mengakibatkan hilangnya pekerja," cetus President American Automotive Policy Council Matt Blunt di Auto Guide.

Dengan kebijakan itu, lanjutnya, pabrikan Jepang di AS akan diuntungkan, namun melemahkan industri otomotif AS.

"Hal itu diterjemahkan menjadi hilangnya pekerjaan untuk pekerja Amerika. Kami menyetujudi perdagangan bebas tetapi harus adil juga," lanjutnya.

Perjanjian itu diteken antara Presiden AS Barack Obama dan PM Jepang Shinzo Abe Jumat 12 April 2013.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment