Monday, April 15, 2013

Jeep Cherokee Ganti Nama Jadi 'Zi You Guang'

Jeep Cherokee Ganti Nama Jadi Shanghai - Setelah Chevrolet Camaro yang berganti nama menjadi 'Ke Mai Luo' di China, kini giliran Jeep Cherokee yang berganti nama menjadi 'Zi You Guang' di China. Ini adalah upaya Jeep mendekatkan diri pada pasar mobil terbesar di dunia itu.

Menurut China Car Times, Senin (15/4/2103), nama China yang disandang Jeep Cherokee itu memiliki arti 'Kebebasan Total' yang sebenarnya sejalan dengan identitas Jeep Cherokee sebagai mobil segala medan.

Belum jelas kenapa Jeep tidak terus menggunakan nama Cherokee yang sudah populer di dunia dan sudah populer pula di China.

Dikabarkan, nama baru tersebut akan mulai disematkan di Jeep Cherokee terbaru yang menurut rencana akan diperlihatkan di Shanghai Auto Show akhir pekan ini.

Jeep sendiri akan mulai melakukan lokalisasi produksi mobil mereka di negeri tirai bambu itu. Kemungkinan lahirnya China terjadi setelah Fiat dan Chrysler Group yang memiliki merek ini menandatangani kesepakatan untuk memulai langkah-langkah upaya perakitan Jeep di China meski belum diketahui model apa yang akan dirakit disana.

Pada kesepakatan itu, Guangzhou Automobile Group Co. Ltd. akan membuatkan satu model Jeep di China meski belum diketahui model apakah yang akan dibangun disana mulai 2014 mendatang.

Kerjasama antara antara Guangzhou Automobile dan Chrysler sendiri bukanlah yang pertama. Sebab di September lalu Guangzhou juga sudah merakit Fiat Viaggio di China untuk Chrysler.

Dengan perakitan mobil Jeep di China, Chrysler berharap penjualan mobil Jeep disana dapat kembali di genjot. Terlebih kapasitas pabrik Guangzhou mampu membuat 140.000 unit yang bisa digenjot sampai 500.000 unit.

Minat konsumen China pada Jeep memang tinggi. Di tahun lalu saja ada 50.000 Jeep yang terjual di sana.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment