Thursday, April 18, 2013

Mau Pakai Mobil Matik atau Manual Itu Sesuai Selera

Mau Pakai Mobil Matik atau Manual Itu Sesuai Selera Jakarta - Fenomena stiker 'Real Men Use Three Pedals, Rich Men Use Two Pedals' di belakang mobil ternyata banyak menuai kontroversi di beberapa kalangan pengguna mobil. Tidak hanya pengguna mobil manual, tapi pemilik mobil matik juga cukup risih dengan adanya stiker-stiker tersebut.

Cukup banyak pengguna mobil yang terprovokasi dengan adanya stiker itu. Namun untuk diketahui, stiker tersebut ternyata adalah gambaran sentimen beberapa orang saja yang sebenarnya tidak perlu ditanggapi dengan serius.

"Sentiman pribadi saja. Kalau dibilang atau aku definisikan, masing-masing punya keuntungan dan masing-masing punya kerugian," kata Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada detikOto, Kamis (18/4/2013).

Jusri menerangkan seperti mobil bertransmisi otomatis, mengendarai mobil tersebut dianggapnya tidak mengeluarkan banyak energi. Selain itu, mobil transmisi otomatis dianggap memudahkan si pengendara ketika aktivitas mengemudi berlangsung.

Sementara itu dia menambahkan, keunggulan mobil tranmisi manual adalah lebih lincah, lebih efisien dan tidak seperti mobil transmisi otomatis yang dianggap lebih boros bahan bakar minyak.

"Mobil matik free maintenance dan manual lebih kompleks. Dari kenyamanan, mobil matik lebih nyaman karena tidak mengeluarkan energi banyak. Namun demikian dari sisi kelincahan, efisiensi mobil bertransmisi manual akan lebih efisiensi sedangkan matik boros," ucapnya.

Nah, jadi seperti yang katakan Jusri, antara mobil matik dan mobil manual jangan berpendapat si pengguna mobil transmisi otomatis lebih kaya ketimbang pengguna mobil manual meski terdapat selisih Rp 10 juta dari jenis mobil yang sama.

"Ini terkait kenyaman. Masih ada orang yang suka manual, menurut mereka kalau bawa mobil matik seperti bukan bawa mobil namanya. Fenomena unik ini terjadi," pungkasnya.

Dia pun tidak memungkiri, mobil transmisi otomatis adalah mobil masa depan yang akan segera menggantikan mobil tranmisi manual.

"Mobil matik itu memang masa depan karena lebih nyaman dan tidak cepat lelah seperti ketika terjebak di kemacetan," tutupnya.


(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment