Thursday, April 18, 2013

Punya Mobil Manual, Hindari Hal Berikut Ini!

Punya Mobil Manual, Hindari Hal Berikut Ini! Jakarta - Saat ini masyarakat terutama di Jakarta dan sekitarnya mengendarai mobil dengan transmisi manual jauh lebih capek ketimbang mengendarai mobil transmisi otomatis yang tinggal menekan pedal gas dan rem.

Buat Otolovers yang tetap memilih mengendarai mobil dengan transmisi manual ada hal yang harus dihindari saat Anda mengendarai mobil tersebut. Karena jika Anda melakukan hal tersebut komponen pada transmisi manual akan cepat aus atau rusak.

Menurut Bambang Hariyanto, pemilik sekaligus kepala mekanik di bengkel BM Service di Mega Glodok Kemayoran, Lantai 6 Blok E 3 No.2 mengatakan, bagi pengendara mobil bertransmisi manual hindari menggantungkan kaki pada pedal kopling karena akan mengakibatkan plat kopling cepat aus.

"Kejelekan pengendara mobil manual itu kalau macet sering menggantungkan kaki di pedal kopling. Sebaiknya ini dihindari untuk memperpanjang umur pelat kopling," tegas Bambang saat ditemui detikOto di bengkelnya, Senin (11/2/2013).

Lanjut Bambang, hal ini yang sering terjadi dan ditemukan pada pengendara mobil manual. Itu akan cepat merusak atau membuat aus plat kopling sehingga waktu pergantiannya akan lebih cepat dari yang ditentukan sebelumnya.

Saat ditanya, seharusnya dalam keadaan macet pengendara harus bagaimana?

Bambang menambahkan, sebaiknya ijak pedal kopling sesuai dengan kebutuhan jika menginjak setengah kopling maka harus tepat komposisi antara menginjak gas dan kopling.

"Komposisinya antara pedal gas dan kopling saat macet itu harus pas. Gas jangan kelebihan, karena itu salah satunya yang bisa menyebabkan pelat cepat aus," timpalnya.

Nah Otolovers hilangkan kebiasaan menggantungkan kaki di pedal kopling saat terjadi macet ya karena pengaruhnya cukup besar. Jadi ijak pedal kopling sewajarnya saja ya Otolovers.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment