Wednesday, May 8, 2013

Menjajal 'Gigitan' Ban Tubeless Michelin di Lintasan Basah

Menjajal Bangkok - Produsen ban asal Prancis, Michelin, meluncurkan dua jenis ban tubeless. Keunggulan ban ini adalah performa gripnya, sehingga Michelin pun memamerkannya di depan awak media.

Tepatnya di sirkuit Nakornchaisri, Bangkok, Thailand, Rabu (8/5/2013), dengan menggunakan Honda CBR250R, test rider Michelin Dean Baudart menunjukkan kemampuan grip Michelin Pilot Street Radial (MPSR).

Lintasan lurus sepanjang 100 meter yang dibasahi air menggunakan selang besar berwarna biru menjadi lintasan uji kemampuan grip ban yang berbahan silika.

Ban medium compound tersebut 'memakan' aspal kering, yang kemudian dipacu hingga 80 km/jam menjelang lintasan basah.

Sejumlah tamu undangan memprediksi Dean mampu berhenti di lintasan basah sejauh 20 meter dengan ban tersebut.

Namun tak diduga, kemampuan grip ban dengan lapisan radial tersebut mampu mencengkeram aspal basah sehingga hanya berhenti kurang dari 10 meter.

Saat mengerem di lintasan basah dari kecepatan 80 km/jam, tidak ada slip yang terjadi, ban tersebut kokoh menempel pada aspal basah.

Jenis anyar lainnya adalah Michelin Pilot Street (MPS) khusus untuk motor bebek. Kedua ban terbaru ini diperkirakan akan hadir di pasar Indonesia pada pertengahan Mei 2013 nanti.

(vid/ddn)

0 comments:

Post a Comment