Wednesday, July 10, 2013

China Kini Pasar Terbesar GM

China Kini Pasar Terbesar GM Shanghai, Detroit - Meski merupakan merek Amerika Serikat, pasar terbesar General Motors ternyata bukanlah di negeri Paman Sam, melainkan di negeri tirai bambu China. Penjualan GM di China kini telah mengalahkan Amerika Serikat.

The Detroit Bureau melaporkan kalau penjualan General Motors (GM) di tanah leluhur Amerika Serikat telah tersalip oleh China yang mengalami lonjakan penjualan sebesar 10,6 persen selama semester pertama 2013.

Di periode itu GM menjual 1.567.392 kendaraan di China, sedikit lebih tinggi dari penjualan mereka di Amerika Serikat yang di periode yang sama hanya mencapai 1.420.346 kendaraan.

Dan GM pun ternyata bukan satu-satunya pembuat mobil Amerika yang mencetak rekor di pasar China. Rival mereka, Ford Motor Co juga mencatat rekor tersendiri untuk semester pertama tahun ini setelah penjualan mereka di China melonjak 47 persen dengan permintaan yang naik 44% pada bulan Juni.

Untuk semester pertama tahun ini, Ford menjual 407.721 kendaraan di China, dengan 75.254 di antaranya dijual selama bulan Juni saja.

Di China, GM memiliki 12 usaha patungan, dua perusahaan sendiri dan lebih dari 55.000 karyawan. Mobil penumpang dan kendaraan komersial yang dijual GM disana menggunakan merek-merek seperti Baojun, Buick, Cadillac, Chevrolet, Jiefang, Opel dan Wuling. Dan pada 2012, GM menjual lebih dari 2,8 juta kendaraan di China.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment