Wednesday, July 10, 2013

VW Rencanakan Mobil Sport Trit BBM

VW Rencanakan Mobil Sport Trit BBM Wolfsburg - Produsen mobil Jerman dikabarkan tengah menggodok rencana untuk melahirkan mobil sport terbaru mereka yang didasarkan pada salah satu mobil teririt di dunia, VW XL1.

Kabar mengejutkan itu datang dari media Inggris, Car yang melaporkan kalau orang dalam VW telah membisiki mereka kalau merek Jerman itu kini tengah mengembangkan sebuah mobil berkode XR1 yang merupakan mobil sport berbasis XL1.

VW XL1 sendiri adalah sebuah mobil plug-in hybrid yang menggunakan sasis berbahan carbonfiber ringan dengan pintu ala gullwing. Di jantungnya, VW memadukan mesin diesel dua silinder yang disandingkan dengan motor listrik. Untuk XR1, tenaga diperkirakan akan lebih besar dari XL1.

Untuk memberikan tenaga yang lebih besar, mesin Golf GTI berkapasitas 2.0 liter dengan turbocharged diperkirakan akan digunakan karena mesin bertenaga 162 kW ini merupakan pilihan paling masuk akal.

Dengan memadukan mesin tersebut bersama motor listrik, XR1 diharapkan dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dibawah 4 detik dan mampu mencapai topspeed diatas 300 km/jam.

Namun, mobil yang memiliki berat kurang dari 900 kg itu belum mendapat lampu hijau sepenuhnya dari dewan direksi VW meski para direktur optimis mobil ini akan disetujui untuk diproduksi.

Melirik Volkswagen XL1, saudara XR1 itu merupakan mobil paling hemat bahan bakar di dunia dengan rating efisiensi gabungan hanya 0,9 liter per 100 km. Bila begitu, bisa jadi XR1 akan menjadi salah satu mobil sport teririt di dunia.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment