Thursday, August 1, 2013

Insinyur Ford Bikin Shift Knob Getar dari Komponen Kontroler X-Box

Insinyur Ford Bikin Shift Knob Getar dari Komponen Kontroler X-Box Jakarta - Seorang insinyur Ford Zachary Nelson merancang sebuah shift knob yang mampu bergetar ketika pengemudi mengubah gigi.

"Saya ingin menciptakan sesuatu yang memperluas kemampuan mobil dan meningkatkan pengalaman bagi pengemudi," kata Nelson seperti detikOto kutip inautonews.

"Saya memutuskan untuk menggunakan OpenXC untuk menyediakan umpan balik jenis baru untuk pengemudi melalui shift knob," tambahnya.

Proses untuk membuat getaran di pedal transmisi ini dilakukan dengan cara yang sederhana dengan mengirimkan data secara nirkabel dari diagnostik on-board melalui adaptor OpenXC Bluetooth.

"Knob bergetar menggunakan komponen dari kontroler Microsoft Xbox 360. Tombol ini bahkan dapat menentukan kapan tepatnya (pedal) digeser untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar terbaik atau yang paling pas," katanya.

Selain menambahkan fitur getar di pedal transmisi, Nelson juga iseng untuk memasang LED untuk menunjukkan posisi gigi.

Nelson berpendapat kalau fitur getar pada pedal transmisi ini bakal cukup efektif untuk membantu pengendara terutama untuk memberitahu kapan waktu mengganti gigi yang pas.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment