Thursday, August 1, 2013

Merawat Motor Karburator Yamaha Sebelum Mudik

Merawat Motor Karburator Yamaha Sebelum Mudik Jakarta - Sepeda motor Yamaha di Indonesia belum semuanya mengusung sistem injeksi, banyak juga motor yang dulu atau yang masih menggunakan sistem pembakaran dengan karburator.

Nah, buat Otolovers semua yang masih punya motor karburator khususnya Yamaha dan berencana mudik menggunakan motor, ada baiknya untuk melakukan pengecekan atau servis.

Service Advisor Yamaha DDS, Dicky Hermawan mengatakan, ada perbedaan merawat motor injeksi dan karburator serta pengecekannya juga berbeda.

"Ada beberapa part memang yang sama tapi bedanya juga banyak. Intinya semuanya masih sama-sama harus dirawat secara intens hanya saja biaya perawatan motor injeksi lebih murah," kata Dicky saat ditemui detikOto.

Dijelaskannya, untuk motor karburator Yamaha yang harus di cek seperti bagian karburatornya, pilot jet, main jet, kondisi selang-selang, seperti selang bensin, fakum.

"Untuk pilot jet dan main jet cek ada yang tersumbat atau tidak sertak kalau selang bensin cek ada yang bocor atau tidak. Hanya itu saja yang paling penting dan umum secara general sama semua," bebernya.

Sementara untuk motor injeksi ataupun karburator baik matik, bebek atau sport bisa juga dilakukan pengecekan sendiri atau tanpa harus berangkat ke bengkel.

"Kalau mengecek sendiri seperti periksa kondisi oli mesin kalau bisa diganti sendiri, busi, atau ganti busi, rem, sama kemudinya dan sinyal lampu depan lampu jauh atau dekat. Kalau bagian engine tidak bisa dilakukan sendiri," tuntasnya.

(ady/ikh)

0 comments:

Post a Comment