Thursday, August 1, 2013

Kurang Fasilitas, BMW i3 Belum Ingin Hadir di RI

Kurang Fasilitas, BMW i3 Belum Ingin Hadir di RI Jakarta - Menggendong segudang teknologi terbaik menjadikan BMW i3 sebagai mobil listrik terbaik saat ini. Bahkan pabrikan Jerman yang satu ini pun langsung mengklaim bahwa BMW i3 bukanlah mobil listrik biasa, dan langsung diperkenalkan di 3 kota terbesar di dunia seperti New York, London, dan Beijing.

Lalu kapan giliran Indonesia kedatangan BMW i3?

"Iya itu merupakan mobil yang sangat fantastis, berbagai teknologi terbaru telah diterapkan di BMW i3," ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, di Jakarta.

"Tapi untuk BMW i3 di Indonesia saya rasa itu belum bisa dihadirkan saat ini," tambahnya.

Berbagai kondisi yang tidak memungkinkan di Indonesia seperti kurang fasilitas pengisian baterai, membuat BMW Indonesia belum berniat untuk menghadirkan BMW i3 di Indonesia.

"Karena menurut saya Indonesia belum siap untuk kedatangan BMW i3. Salah satunya karena kurang tersedianya fasilitas pengisian baterai," ucapnya.

"Mungkin butuh waktu lebih dari 5 tahun lagi untuk bisa menghadirkan kendaraan listrik. Karena itu waktu yang paling tepat untuk mempersiapkan fasilitas pengisian baterai di Indonesia,"

Seperti yang kita ketahui bersama mode listrik BMW i3 sanggup menjelajah hingga 130-160 km. Angka ini cukup bagi pengendara di seluruh dunia yang rata-rata sehari mengendarai mobil sejauh 64 km (berdasarkan perhitungan BMW), jadi tidak usah takut mobil kehabisan baterai di jalanan.

Namun jika itu masih kurang, ada juga versi i3 dengan range-extender, yang menggabungkan motor listrik dan mesin bensin 2 silinder. Dengan range extender, jelajah mobil bisa lebih jauh lagi menjadi 300 km.

Mobil listrik unik ini, menggunakan sasis alumunium dan bodi berserat karbon sehingga bobot BMW i3 hanya 1.195 kg.

Bobot ini lebih ringan dari mobil compact lainnya, namun cukup untuk menampung 4 penumpang.

Bobot yang ringan juga membuat performa mobil lebih canggih. Mobil memiliki tenaga maksimum 170 daya kuda dengan torsi maksimum 250 Newton meter.

i3 bisa berlari dari 0-60 km/jam dalam 3,7 detik dan 0-100 km per jam dalam 7,2 detik. Kecepatan maksimalnya dibatasi sampai 150 km per jam demi efisiensi kendaraan.


(lth/ikh)

0 comments:

Post a Comment