Thursday, September 5, 2013

2 Bulan Lagi Merek Motor Legendaris Nan Mahal Bakal Lahir

2 Bulan Lagi Merek Motor Legendaris Nan Mahal Bakal Lahir Milan - Salah satu merek paling legendaris di dunia motor, Brough Superior dipastikan akan lahir kembali. Motor dari merek yang sering dianggap sebagai Rolls-Royce di dunia roda dua akan diperlihatkan dua bulan lagi.

CEO Brough Mark Upham mengatakan kalau mereka akan segera melahirkan kembali merek ini dan kemungkinan akan mengaplikasi mesin V-Twin.

"Kami akan mulai dengan berbagai model V-twin, tapi itu tidak akan berhenti di situ. Kami bekerja keras untuk mendapatkan contoh pertama yang siap untuk acara di Milan pada bulan November," katanya di visordown, Jumat (6/9/2013).

"Ini akan menjadi yang pertama dalam serangkaian keluarga model yang berbeda, beberapa dengan lebih dari dua silinder," ujar Upham.

"Tapi aku tidak akan mengungkapkan apa-apa lagi sampai saat itu selain untuk mengatakan bahwa setiap sepeda motor kami dibangun dengan sepenuhnya dipesan lebih dahulu, dibangun untuk spesifikasi masing-masing pelanggan," lugasnya.

Brough Superior sendiri adalah merek yang memproduksi motor, sespan dan mobil yang dibangun oleh George Brough, seorang pebalap dan desainer. Merek ini memproduksi motor di Nottingham, Inggris mulai 1919 sampai 1940 sebelum akhirnya vakum hingga sekarang.

Julukan 'Rolls-Royce of Motorcycles' tercetus dan menjadi sebutan merek motor ini hingga sekarang setelah disebut oleh koran The Motor Cycle.

Selama 21 tahun kehidupan merek ini, Brough Superior sudah memproduksi 19 model tapi hanya dalam jumlah yang terbatas, 3.048 unit saja. Dari jumlah itu, hanya seper-tiga diantaranya saja yang masih ada sampai sekarang.

Nama-nama terkenal diketahui memiliki mobil ini. T. E. Lawrence (Lawrence of Arabia) bahkan diketahui memiliki 7 motor Brough Superior dan tewas dalam kecelakaan setelah ketika menggunakan salah satu koleksinya tersebut.

Seperti halnya mobil mewah, motor-motor Brough Superior dibangun dengan kinerja tinggi dan keunggulan kualitas. Sebagian besar dibangun sesuai keinginan pelanggan dan sangat jarang ada dua motor yang sama.

Setiap motor dirakit sebanyak dua kali sebelum diantar ke pemesannya.Perakitan pertama adalah untuk pemasangan semua komponen, kemudian sepeda motor itu dibongkar kembali dan semua bagian dicat atau dilapisi sesuai kebutuhan. Setelah itu, motor kembali dirakit.

Motor itu kemudian dites langsung oleh George Brough. Motor harus bisa dipacu hingga kecepatan tinggi. Untuk SS100, motor harus mampu berlari sampai 160 km/jam dan SS80 130 km/jam. Semua itu harus tanpa masalah, dan angka tadi adalah sebuah kecepatan yang sangat tinggi untuk saat itu. Setelahnya, motor disertifikasi secara pribadi oleh George.

Ribetnya pembuatan motor Brough Superior ini sama dengan Rolls-Royce. Karena itulah tidak salah bila motor-motor Brough Superior adalah yang termahal di dunia.

Selain akan mulai memproduksi mobil kembali, merek ini juga mengumumkan akan berlaga di ajang Moto2 tahun depan. Untuk Moto2, Brough akan didukung mesin Honda 600 cc --seperti motor Moto2 lain-- namun akan menggunakan sasis monokok dari bahan serat karbon.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment