Thursday, September 5, 2013

Maserati Siap Produksi SUV

Maserati Siap Produksi SUV Bologna - Potensi saga di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) super-mewah makin terbuka. Setelah Bentley mengumumkan sudah akan memulai memproduksi SUV, rivalnya, Maserati juga melakukan hal yang serupa.

Fiat yang membawahi Maserati dan Chrysler Group baru saja mengumumkan akan segera mengucurkan investasi untuk pabrik Mirafiori di Turin, Italia yang akan menjadi tempat lahir SUV Maserati.

Fiat juga telah menandatangani kontrak dengan tujuh serikat pekerja untuk peraturan kerja yang fleksibel.

CEO Fiat Sergio Marchionne mengatakan bahwa kontrak dengan serikat pekerja ini telah menjadi alat penting untuk kebangkitan kualitas dan produksi pabrik Fiat di Italia.

Padahal sebelumnya ada satu serikat pekerja yang menolak aturan yang akan dikeluarkan Fiat dan menuntutnya ke pengadilan. Namun serikat buruh lain mendesak serikat pekerja yang menolak itu untuk menerima aturan untuk kebaikan bersama.

Hal itu dianggap penting karena pabrik di Mirafiori sedang sekarat dan harus disiram investasi baru. 5.400 pekerja menanti investasi ini.

SUV milik Maserati sendiri sebelumnya pernah beberapa kali diperlihatkan dalam bentuk konsep dengan nama Maserti Lavante.

Mobil ini merupakan SUV pertama Maserati yang dalam bentuk konsep sebelumnya bernama Kubang. Mobil yang memiliki platform yang sama dengan Jeep Grand Cherokee ini akan mulai diproduksi di 2014 nanti dan kemungkinan bisa dijual setahun setelahnya.

Dari sisi nama, Levante, dalam bahasa Italia berarti 'Timur'. Nama ini dipilih Maserati untuk menghormati sejarah Maserati. Di 1919, Maserati memindahkan perusahaannya ke fasilitas yang lebih luas di Emilia Levante, di Bologna.

Mobil ini merupakan satu dari tiga model yang disiapkan Maserati untuk meningkatkan penjualan total mereka secara global dari 6.300 unit di tahun 2012 menjadi 50.000 unit di 2015 mendatang.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment