Thursday, September 5, 2013

Bugatti: Tidak Ada Tempat untuk Sedan

Bugatti: Tidak Ada Tempat untuk Sedan Paris - Rencana Bugatti untuk melahirkan sedan tercepat di dunia, Bugatti Galibier batal. Bugatti lebih memilih untuk fokus pada penerus mobil super mereka, Veyron.

Bugatti 16C Galibier sendiri pertama kali muncul di markas Bugatti di Prancis dalam versi konsep di September 2009 lalu dengan desain yang dieksekusi oleh rumah desain Italdesign-Giugiaro.

Ketika itu, Bugatti menjanjikan mobil 4 pintu, 4 penumpang yang akan memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan saudaranya Veyron.

Ketika itu Bugatti mengatakan kalau Galibier akan memiliki tenaga di atas 1.000 tenaga kuda --meski akhirnya diturunkan jadi 800 bhp-- dengan kecepatan maksimal 378 km/jam berkat mesin twin-turbocharged 8.0-liter W16 flex-fuel.

Semua tenaga ini akan disalurkan ke belakang mobil lewat 8 knalpot titanium, ya betul 8 knalpot.

Namun, CEO Bugatti saat ini, Wolfgang Schreiber, mengatakan tidak ada ruang bagi Galibier. Hingga saat ini saja Bugatti sudah memproduksi 300 Veyron coupe dengan 90 unit lainnya dalam versi atap terbuka dari 150 unit yang direncanakan akan diproduksi.

Kini, Bugatti menurutnya sedang mempersiapkan penerus Veyron yang saat ini memiliki predikat mobil jalanan tercepat di dunia, dan menyingkirkan dulu rencana melahirkan Galibier.

Schreiber seperti dilansir Motor Trend merasa tidak ada ruang di Bugatti untuk dua model. Dahulu Bugatti pernah melakukannya ketika memproduksi mobil sport bersama Bugatti Royale. Namun, akibatnya, penjualan Royale gagal karena hanya 6 unit yang akhirnya diproduksi dan dijual.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment