Thursday, September 5, 2013

Mobil Diesel Termurah di Dunia Lahir Tahun Depan

Mobil Diesel Termurah di Dunia Lahir Tahun Depan Mumbai - Setelah menjadi produsen mobil termurah di dunia melalui Tata Nano bermesin bensin, Tata Motors bersiap untuk memperkenalkan mobil diesel termurah di dunia. Menurut rencana mobil India ini akan lahir tahun depan.

Managing Director Karl Slym menjelaskan kalau mereka berharap versi diesel dari Tata Nano ini akan memiliki permintaan tinggi setelah bertahun-tahun penjualan Nano yang mengecewakan dilansir Reuters, Jumat (6/9/2013).

Hal itu tidak mengherankan. Sebab setelah membuat heboh di 2009, mobil termurah di dunia itu malah tidak terlalu laku dan penjualannya merosot 27 persen pada tahun keuangan yang berakhir pada 31 Maret lalu.

Tata Nano sendiri menyumbang sekitar seperempat dari volume penjualan perusahaan India ini pada tahun keuangan terakhir. Namun, karena sekarang Tata Motors merupakan pemilik merek Jaguar Land Rover, mereka banyak terbantu oleh meningkatnya permintaan merek Inggris itu dibanding merek India.

Pada versi terbaru Nano, Tata akan memberikan berbagai fitur tambahan seperti remote keyless entry untuk menghidupkan kembali permintaan. Sebuah Nano bermesin diesel (diesel merupakan bahan bakar populer di India berkat subsidi pemerintah) juga diharapkan dapat membantu penjualan.

Kabarnya Tata Nano versi diesel akan menggunakan mesin diesel 2 silinder kapasitas 800 cc.

Mesin tersebut bisa melontarkan tenaga 40,2 bhp dan torsi puncak 70 Nm. Sementara itu dikabarkan bodi Tata Nano diesel bakal sama persis dengan Tata Nano versi bensin.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment