Tuesday, January 21, 2014

Akibat Kerusuhan Industri Otomotif Thailand Terombang-ambing

Akibat Kerusuhan Industri Otomotif Thailand Terombang-ambingJakarta - Thailand saat ini terus dirundung krisis politik yang membuat kegiatan investasi dan ekonomi jadi terganggu. Bahkan Toyota mengancam untuk mempertimbangkan kembali niat investasi mereka di Thailand bila kondisi terus seperti ini. Bisakah ini dimanfaatkan oleh Indonesia?

Toyota Motor Corp mengatakan kalau mereka tengah mempertimbangkan kembali investasi hingga 20 miliar baht bila kondisi politik Thailand terus terombang-ambing. Bahkan mereka bisa saja memotong jumlah produksi mobil mereka di sana.

Hal itu diperkirakan akan membuat pemerintah Thailand khawatir. Sebab Toyota adalah produsen mobil terbesar di Thailand yang memproduksi 800.000 kendaraan per tahun dan berencana untuk meningkatkan kapasitas tahunannya sebanyak 200.000 kendaraan lagi per tahun selama 3-4 tahun ke depan.

"Investasi baru kami di Thailand mungkin tidak terjadi jika krisis politik saat ini berlangsung lebih lama," kata presiden Toyota Thailand Kyoichi Tanada di Reuters.

"Untuk investor asing baru, situasi politik mungkin akan memaksa mereka untuk mencari peluang di tempat lain. Bagi mereka yang telah berinvestasi, seperti Toyota, kami tidak akan pergi. Tapi apakah kami akan berinvestasi (lagi), kami tidak yakin," lanjutnya.

Saat ini Thailand merupakan pasar mobil terbesar di Asia Tenggara dan menjadi basis ekspor regional untuk beberapa produsen mobil top dunia seperti Honda Motor Co dan Ford Motor Co.

Jika kerusuhan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, Toyota menurut Tanada mungkin akan memangkas produksinya di Thailand sambil terus menilai situasi.

Sebelumnya di tahun 2013 Toyota memproduksi sekitar 850.000 mobil di Thailand dengan 445.000 unit diantaranya dijual di dalam negeri dan 430.000 kendaraan lain di ekspor. Tahun ini, sebelumnya Toyota menargetkan untuk menjual 400.000 mobil di dalam negeri dan 445.000 mobil untuk ekspor. Namun rencana itu bisa saja kandas.

Terlebih penjualan mobil domestik Thailand turun 7,7 persen menjadi 1,33 juta kendaraan pada tahun 2013, beda tipis dengan penjualan mobil di Indonesia yang mencapai 1,25 juta. Bila Indonesia bisa mengambil manfaat dari kondisi buruk Thailand, maka peluang itu terbuka lebar.


0 comments:

Post a Comment