Monday, January 20, 2014

Ketika Terjadi Kebakaran pada Kendaraan, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Ketika Terjadi Kebakaran pada Kendaraan, Apa yang Harus Anda Lakukan?Jakarta - Kebakaran pada kendaraan baik roda 2 ataupun roda 4 bisa saja terjadi pada siapa saja. Nah, jika kendaraan Anda mengalami kebakaran, kira-kira apa yang harus dilakukan?

Instruktur Service Training Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Aji Prima mengatakan ada beberapa hal utama yang harus dilakukan ketika kendaraan Anda mengalami kebakaran.

Pertama tidak usah panik ketika melihat kendaraan Anda terbakar, kenapa? Karena kalau panik biasanya tidak tahu Anda mau harus dan mau ngapain. Hasilnya kejadian terburuk akan terjadi.

Selain itu, pastikan diri Anda aman terlebih dulu. Selamatkan diri sendiri lalu orang lain yang ada di sekitar. Usahakan buka pintu terlebih dulu, selamatkan diri sendiri lalu orang lain.

"Kenapa harus diri sendiri dulu yang diselamatkan? Karena kalau diri sendiri tidak bisa menyelamatkan bagaimana mau menyelamatkan orang lain," kata Aji dalam acara Workshop di Daihatsu Technical & Training Center, Sunter, Jakarta Utara, Senin (20/1/2014).

Setelah itu, jauhi diri Anda dari mobil yang terbakar, hubungi pemadam kebakaran terdekat, hati-hati dalam memadamkan api dan gunakan alat pemadam kebakaran jika api relatif kecil.

"Dalam memadamkan api pada kendaraan juga kita harus tetap hati-hati karena ada unsur-unsur yang dapat meledak. Meski lama, hubungi saja pemadam kebakaran agar kita tetap safety dalam memadamkan api," tuntasnya.


0 comments:

Post a Comment