Tuesday, April 8, 2014

Kawasaki Anggap Mereka Tidak Telat Bangun Pabrik di Indonesia

Kawasaki Anggap Mereka Tidak Telat Bangun Pabrik di IndonesiaBekasi - Di saat produsen Jepang lain sudah memiliki beberapa pabrik di Indonesia, Kawasaki baru menggarap pabrik mereka di Cikarang. Meski begitu, Kawasaki berdalih langkah mereka ini tidak terlambat.

Bermodal Rp 1 triliun, Kawasaki Heavy Industries, Ltd meresmikan pabrik barunya yang kedua di Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi.

Di sana ada bangunan pabrik seluas 44.000 meter persegi yang berdiri di atas lahan seluas 150.000 meter persegi dan menjadikannya pabrik sepeda motor Kawasaki terbesar ketiga setelah Jepang dan Thailand.

Menurut Presdir PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Yoshihiro Tanigawa langkah ini tidaklah terlambat. Sebab pabrik yang memiliki kapasitas produksi 150.000 unit per tahun dengan tenaga kerja mencapai 1.600 orang ini diharapkan bisa Ninja RR Mono, KLX 150S, KLX150L, dan D-Tracker150 dengan fasilitas pengelasan, pengecatan bagian besi dan plastik dan perakitan rangka, permesinan, perakitan mesin dan fasilias pengujian yang ada di sana.

"Tidak terlambat. Karena kami fokus di motor sport dan pasar motor sport Indonesia baru berkembang 4 tahun terakhir," ujarnya di Cikarang.

Dia lalu bercerita, setelah masuk ke Indonesia tahun 1994, produksi Kawasaki di Indonesia dimulai sejak 1995, dan awalnya hanya memproduksi motor bebek bermesin 110 cc.

Pasar Indonesia kemudian tumbuh dengan cepat tahun demi tahun dan sejak 2008, Ninja 250R diperkenalkan di Indonesia dan menjadi pilihan para pecinta motor sport. Sejak saat itu, pertumbuhan penjualan Kawasaki di kelas Premium Bike di Indonesia melesat.

Kawasaki sudah berkomitmen untuk menjadi leader di kelas Premium Bike di Indonesia, dan tidak tanggung-tanggung menggebrak pasar sepeda motor nasional melalui varian-varian motor andalannya yang bertipe trail dan supersport.

Dalam beberapa tahun terakhir Kawasaki telah membuktikan komitmen itu dengan terus memuaskan pecinta motorsport di Indonesia dengan memperkenalkan motor sport premium seperti Ninja ZX-6R, Ninja650, ER-6n, New Ninja250 dan Ninja ZX-14R.

"Investasi untuk pabrik ini sekitar Rp 1 triliun dalam dua tahap. Sekarang baru tahap pertama. Nanti seluruh produksi di pabrik Pulogadung akan dipindahkan ke sini. Mungkin mulai tahun depan (dipindahkan ke Cikarang)," kata Direktur KMI Marzal Tirtadirdja.

0 comments:

Post a Comment