Tuesday, April 8, 2014

Pakai Nozzle Khusus, Mobil Murah Takkan Pakai Lagi Premium?

Pakai Nozzle Khusus, Mobil Murah Takkan Pakai Lagi Premium?Bekasi - Persoalan penggunaan BBM subsidi oleh mobil ramah lingkungan dan irit BBM (LCGC) menimbulkan masalah yang pelik. Kementerian Perindustrian pun menyarankan saat mengisi bensin di SPBU, mobil-mobil jenis ini dimodifikasi dengan membedakan nozzle BBM pada mobil.

Jadi mobil LCGC hanya dilengkapi nozzle RON 92 ke atas sehingga tidak bisa diisi BBM subsidi.

"Masih dibuat nozzle-nya," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat saat peresmian pabrik Kawasaki di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/4/2014).

Sebelumnya terkait pembatasan BBM ini, Kementerian Perindustrian sudah mengirimkan surat resmi kepada Menkeu Chatib Basri dalam upaya pengendalian penggunaan BBM bersubsidi pada mobil murah.

Penggunaan bensin bersubsidi sebenarnya tidak direkomendasikan oleh 5 produsen mobil yang menelurkan LCGC. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bahkan pernah menyebutkan jika bandel menggunakan Premium, maka garansi akan hilang atau hangus.

Namun masyarakat pengguna LCGC masih banyak yang bandel dan tidak menghiraukan anjuran ini.

"Memang kalau memakai premium, performanya terasa sangat menurun," ujar salah seorang pengguna mobil LCGC kepada detikOto.


0 comments:

Post a Comment