Wednesday, May 7, 2014

Jakarta Menuju Detroit-nya ASEAN

Jakarta Menuju Detroit-nya ASEANJakarta - Dari tahun ke tahun, pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) makin membesar, tidak hanya dari luas lahan pameran tapi juga pengunjung yang datang melihat mobil-mobil terbaru.

IIMS 2014 menyediakan lahan seluas 83.137 meter persegi atau meningkat 10 persen dari total luas lahan tahun lalu sebesar 75.101 meter persegi.

Sedangkan IIMS tahun ini menargetkan 380 ribu pengunjung. Angka pengunjung IIMS 2014 diprediksi naik sedikit dari pengunjung IIMS tahun lalu sebesar 375 ribu.

Melihat kondisi ini, Ketua Penyelenggara IIMS 2014 Johnny Darmawan memprediksi besar kemungkinan Indonesia bakal menjadi Detroit-nya ASEAN.

"Indonesia sudah menjadi pemain. Kalau dulu Detroit-nya ASEAN Thailand, tapi nantinya Indonesia. Jadi kalau lihat ke arah sana kita sangat potensi," ujar Johnny dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Menurutnya meningkatnya aktivitas IIMS setiap tahunnya menjadi kebanggan tersendiri bagi pelaku industri otomotif di Tanah Air. Nantinya IIMS tidak hanya besar di ASEAN saja tapi juga mendunia.

"IIMS bisa meningkat, meningkat, meningkat dan saya harapkan terus meningkat. Kalau bisa tidak hanya di ASEAN saja," harapnya.

Ditambahkan Johnny, jika dibandingkan dengan Bangkok Motor Show, ajang IIMS di Indonesia sudah lebih besar. Banyak mobil baru diluncurkan di Indonesia daripada negara lainnya di Indonesia.

Johnny pun berharap nantinya IIMS tidak hanya fokus pada penjualan tapi juga menonjolkan kualitas teknologi setiap produk kendaraan dimana teknologi tersebut dikembangkan di Indonesia.

"Bangkok sudah terkalahkan. Mudah-mudahan kita bisa lebih besar lagi. Tapi yang saya harapkan tidak hanya besar, tapi bobotnya suatu saat lebih, sekarang ini kita quantity. Suatu saat nanti quality," harap Johnny.

0 comments:

Post a Comment