Wednesday, May 7, 2014

Pendapat Ahok Soal Harga Bus Scania Rp 5,8 Miliar

Pendapat Ahok Soal Harga Bus Scania Rp 5,8 MiliarJakarta - Bus gandeng Scania resmi dilepas dengan harga Rp 5,8 miliar untuk setiap 1 unit bus. Apa pendapat Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tentang mahalnya harga bus Scania.

"Misalnya, untuk merek yang tidak jelas barangnya tidak bagus lalu dibandingkan dengan barang bagus, beda harganya. Ini (bus gandeng scania-Red) pun tidak sampai 2 kali lipat dari harga yang sudah ada, Ini kan harganya tidak sampai Rp 6 miliar sedangkan bus biasa (TJ yang ada saat ini-Red) itu mencapai Rp 3,4 - 3,6 miliar," ujar Ahok.

"Ya ngapain beli yang merek tidak jelas. Kalau selisihnya 1:5 ya kami baru pikir-pikir (pikir ulang untuk membeli Scania-Red)," katanya.

Namun dirinya mengingatkan, untuk setiap pabrikan yang akan dipilih menjadi TJ, harus membangun karoseri di Indonesia.

"Yang penting kami memaksa perusahaan bus itu membangun karoseri (di Indonesia-Red), dan Scania ini semuanya termasuk sasis bisa dibangun di pabrik UT di Indonesia. Sehingga ada transfer teknologi tidak sekedar impor kendaraan, semua jadi ada hitungannya. Dan Scania ini memiliki teknologi mesin gas tercanggih," kata Ahok.

"Dan Pemprov hanya menentukan sebuah standar, dan kami minta ke operator silahkan beli bus yang standar seperti ini agar penumpang naik bus lebih nyaman. Kl tidak mau, baru nanti kami yang beli," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment