Wednesday, May 7, 2014

Scania Jadi Armada Bus TransJ

Scania Jadi Armada Bus TransJJakarta - Sering rusaknya bus TransJ membuat Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kesal. Dia meminta TransJ memakai bus yang kualitasnya baik. Salah satu merek bus yang diidam-idamkan Ahok adalah Scania dari Swedia.

Rencananya Ahok akan menjajal bus Scania, Kamis (7/5/2014). Menurutnya di Singapura bus tersebut masih bisa dipakai meski sudah 20 tahun beroperasi, lalu bus bekasnya bisa dijual ke Afrika.

"Berarti masa pakainya bisa 30 tahun. Sebab itu saya bilang kamu mau tidak beli mobil yang (usianya hanya) 3-4 tahun, tidak jelas mereknya; dibandingkan dengan merek yang telah teruji, yang harganya tidak sampai dua kali lipat (dari merek yang tidak jelas itu)," katanya.

Ahok ingin meningkatkan kualitas angkutan di Jakarta. Dia juga mengingatkan prinsip tender tidak selalu yang termurah yang selalu menang.

"Kita mesti naikkan kelas kita. Masak kota besar bus rapid transit-nya pakai merek tidak terkenal. Kita sudah bilang ke LKPP. Jadi prinsip tender itu bukan selalu yang murah yang menang. Ada hitungan harga dan biaya, lalu dibandingkan dengan masa pakai barang yang dibeli," katanya.

Ahok mengatakan, bus Scania ini akan masuk tahun depan. Untuk tahun ini Pemprov akan fokus untuk merapikan busway. "Lagi pula mereka (Scania) kasih lihat dululah (produknya). Ini pertama kalinya mereka masuk, karena sebelumnya selalu kalah tender," katanya.

Saat ditanya berapa unit yang akan dibeli, Ahok mengatakan akan membeli sebanyak-banyaknya. "Sebanyak mungkin kita mau beli dan kita minta karoseri harus lokal," katanya.


0 comments:

Post a Comment