Wednesday, May 7, 2014

'Merek yang Punya Mobil LCGC, Lebih Kuat Bersaing'

Jakarta - Mobil-mobil LCGC (Low Cost and Green Car) menjadi salah satu pendorong pasar mobil di kuartal pertama 2014. Lembaga pemeringkat, Fitch Ratings memprediksi merek-merek mobil yang memiliki line up LCGC lebih mampu bersaing, terutama di tengah turunnya permintaan kendaraan.

"Penjualan di kuartal pertama 2014 sebagian besar didorong oleh mobil-mobil yang terjangkau harganya, dan rendah emisi, seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R dan Honda Brio Satya," ujar Fitch di Reuters, Rabu (7/5/2014).

Penjualan mobil LCGC di periode tersebut mencapai 13 persen dari total penjualan mobil atau mencapai 43.999 unit. Agya merupakan model terlaris dengan 47 persen pangsa pasar, disusul Ayla 29 persen, Wagon R 12 persen dan Brio 11 persen.

"Pabrikan di segmen ini memiliki posisi yang lebih baik untuk berkompetisi dan memperkuat pangsa pasar mereka," ujar Fitch.

Kemunculan mobil-mobil murah ini membantu mengurangi efek kenaikan harga di pasar mobil-mobil yang lebih mewah, dan juga biaya kredit yang lebih tinggi. Seperti kita ketahui mobil-mobil LCGC memiliki harga 50 persen lebih murah dari sebuah hatchback dengan kisaran harga Rp 70 juta sampai Rp 100 jutaan.



0 comments:

Post a Comment