Monday, May 12, 2014

'Mau Jual Mobil Banyak, Malaysia & Thailand Harus Bikin Anak Dulu'

Jakarta - Indonesia, Thailand dan Malaysia dalam industri otomotif saling bersaing satu dengan yang lainnya. Terutama Indonesia dengan Thailand yang selalu berlomba menjadi nomor 1 di pasar otomotif ASEAN. Tapi untuk tahun ini, Indonesia diyakini bisa menyalip Thailand.

Ketua 1 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto menuturkan Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengalahkan penjualan mobil di Thailand. Indonesia dari penduduknya saja sudah banyak dibanding Thailand.

Apalagi income perkapita setiap tahunnya meningkat terus, sekarang sudah di atas US$ 4.000, jika sudah berlipat ganda menjadi US$ 8.000 masyarakat sudah tidak berpikir lagi ketika membeli mobil.

"Malaysia dan Thailand kalau mau jual mobil banyak di dalam negeri, sebelum produksi mobil kedua negara itu masyarakatnya harus bikin anak dulu yang banyak, 18 tahun lagi baru bisa beli mobil seperti di Indonesia," ungkap Jongkie di Jakarta, Senin (12/5/2014).

Lanjutnya, dari dasar itu saja Indonesia sudah menang, penduduk Indonesia sekarang ini sudah 250.000.000, pertumbuhan ekonominya sudah di atas 5 persen.

"Kalau terus seperti ini maka penjualan mobil kita akan terus meningkat. Saya yakin bahwa Indonesia akan menjadi leader di ASEAN untuk industri otomotif," katanya sambil tersenyum.




0 comments:

Post a Comment